HEADLINE

Unpas Dorong Penjaminan Mutu Lewat LED dan LKPS LAM Infokom

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Rektor Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU. mengapresiasi kegiatan Workhsop Penyusunan Laporan Evaluasi Diri (LED) dan Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) untuk Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) Infokom.

Kegiatan ini digelar berkat kolaborasi Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) bersama Teknik Informatika Universitas Pasundan.

Kegiatan ini berlangsung secara hybrid yakni di Ruang Rapat Rektorat Unpas, Kampus IV, Jalan Setiabudhi No 193, Bandung dan via aplikasi Zoom, Sabtu (12/3/2022).

Prof Eddy mengatakan bahwa di Indonesia terdapat enam LAM yang sudah diakui oleh pemerintah, yaitu LAM Infokom, LAM Teknik, LAM Sains Alam dan Ilmu Formal, LAM Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi, LAM Kependidikan, dan LAM-PTKes.

“Kita patut acungi jempol atas hasil kerja keras LAM Infokom dalam menyusun instrumen borang sampai akhirnya mendapat pengakuan dari BAN-PT untuk melakukan akreditasi prodi Informatika dan Komputer,” jelasnya dikutip dari unpas.ac.id

Lahirnya LAM merupakan amanat UU No 12 Tahun2012 yang bertujuan menjamin mutu perguruan tinggi dan prodi di Indonesia. Ke depan, pengajuan akreditasi prodi tidak lagi melalui BAN-PT, melainkan LAM.

“Hadirnya LAM Infokom dan LAM lainnya diharapkan mampu mendorong penjaminan mutu agar semakin relevan dengan kebutuhan dunia profesi. Mudah-mudahan bisa jadi motor penggerak di prodi masing-masing,” imbuhnya.

Sekretaris Dewan Eksekutif LAM Infokom, Prihandoko, S.Kom., M.I.Kom., Ph.D menjelaskan, mulai 31 Maret 2022, akreditasi prodi harus diajukan ke LAM, sementara BAN-PT fokus melayani akreditasi institusi.

“LAM Infokom akan berbasis standar dan SPMI yang menjadi lokomotifnya karena basisnya penjaminan mutu. Perlu ditekankan, LAM Infokom sangat concern dengan proses mutu,” tuturnya.

Prihandoko menekankan, supaya persiapan akreditasi tidak memakan waktu berlarut-larut karena terlalu banyak beban administrasi, proses penjaminan mutu mesti dilakukan berkala, bahkan dijadikan rutinitas harian.

“Sehingga kapan pun mau di asesmen lapangan dan akreditasi, prodi sudah siap. Dalam proses penjaminan mutu, selalu perhatikan tahap penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan (PPEPP) standar nasional,” katanya menegaskan.

Pada proses akreditasi, LAM Infokom menggunakan 9 instrumen yang terdiri dari visi misi tujuan dan strategi (VMTS), tata pamong tata kelola dan kerja sama, mahasiswa, SDM, keuangan sarana dan prasarana, pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta luaran dan capaian Tri Dharma PT.

“Untuk memenuhi kriteria tersebut, perhatikan PPEPP untuk menghasilkan continuous quality improvement (CQI) pada semua Standar Dikti, sehingga tercipta budaya mutu,” paparnya.

Dalam penyusunan LED, bukti pelaksanaan kegiatan harus relevan dengan kebijakan/standar/IKU/IKT, tindak lanjut berdasarkan audit mutu internal, dan bukti perbaikan standar sesuai dengan tindak lanjut. (*/tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Bawaslu Jabar Temukan 27 Pelanggaran Selama 11 Hari Masa Kampanye Pilkada

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat menggelar Deklarasi Pemilu Anti Politik Uang…

1 jam ago

Jambore IJTI Tahun 2024 Digelar di Garut, Angkat Tema Kebencanaan dan Sosialisasi Pilkada

GARUT, WWW.PASJABAR.COM -- Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Pengurus Daerah Jawa Barat (IJTI Pengda Jabar) menggelar…

2 jam ago

STY Berjanji Maksimalkan Potensi Eliano Reijnders dan Mees Hilgers

WWW.PASJABAR.COM -- Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong berjanji akan memaksimalkan potensi Eliano Reijnders dan Mees…

3 jam ago

Mateo Kovacic Gantikan Peran Erling Haaland, Man City Kembali Menang

WWW.PASJABAR.COM -- Manchester City kembali memenangkan pertandingan di Liga Inggris 2024-2025 karena penampilan cemerlang Mateo…

4 jam ago

Verro “Membangun Semangat, Mengejar Mimpi”

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Alverro Raja Fairish, yang akrab dipanggil "Verro," adalah seorang remaja berbakat dan berprestasi…

5 jam ago

MotoGP Jepang: Francesco “Pecco” Bagnaia Kalahkan Jorge Martin dan Marc Marquez

WWW.PASJABAR.COM -- Francesco "Pecco" Bagnaia menjadi pemenang MotoGP Jepang 2024 di Sirkuit Motegi, Minggu (6/10).…

6 jam ago