PASBANDUNG

Harga Minyak Goreng Kemasan Premium di Bandung Kembali ke Normal

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Harga minyak goreng kemasan premium kembali normal terhitung Rabu (16/03/2022). Ini sesuai dengan keputusan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang dirilis pada Selasa (15/03/2022) malam.

“Tadi malam, ada rilis dari Menteri Perekonomian bahwa harga yang mendapat subsidi hanya harga minyak curah, yaitu Rp14 ribu per liter. Sedangkan untuk harga minyak goreng kemasan premium harga dikembalikan ke harga pasar,” ujar Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah, kepada wartawan Rabu (16/3/2002).

Elly mengatakan, harga minyak goreng kemasan akan kembali ke sekitar Rp40 ribu per dua lliter, atau dikembalikan ke masing-masing produsen dan distributor.

“Tidak ada harga eceran tertinggi (HET) untuk minyak goreng kemasan premium. Jadi harganya bergantung masing-masing produsen dan distributor,” tuturnya.

Di sisi lain, lanjut Elly penurunan harga ini juga lantaran ada permintaan yang masuk dari warga. Menurut Elly, banyak keluhan dari masyarakat yang masuk ke akun media sosial Disdagin, yang ingin harga minyak kembali normal.

“Masyarakat bilang, lebih baik harga minyak tinggi, namun pasokan normal. Daripada harga minyak murah, namun barag langka,”tuturnya.

Dengan dikembalikannya harga menjadi normal, Elly berharap pasokan minyak goreng di pasaran kembali melimpah.

Ditanya megapa beberapa waktu yang lalu ada kelangkaan minyak? Elly mengakui hal itu lantaran ada permainan. Namun, Elly  mengaku tidak mengetahui di level mana permainan itu terjadi.

“Untuk kebijakan minyak goreng ini kan dari pemerintah pusat. Jadi saya tidak punya kewenangan untuk menjelaskan kebijakan ini,” tuturnya.

Gagal OP

Dengan kembalinya harga minyak goreng ke harga normal, tanpa ada HET, Elly mengatakan, rencana Pemkot Bandung untuk menggelar OP minyak goreng  di beberapa kecamatan, tidak jadi digelar, lantaran subsidi sudah dicabut.

“Saya minta maaf kepada warga yang sebelunya sudah antusias dengan rencana digelarnya OP ini,” pungkasya.

Seperti diketahui, rencanya Pemkot Bandungn akan menggelar OP minyak goreng di lima kecamatan minggu ini. Kelima kecamatan itu adalah, Cibiru, Astana Anyar, Cicendo, Ujungberung dan Regol. Sementara itu, Camat Cibiru Didin Dikayuana mengatakan, rencananya akan digelar OP Minyak Goreng di Kecamatan Cibiru, namun dibatalkan.

“Kami sudah membagi kupon ke sekitar 1.200 warga di empat kelurahan, sudah ada yag membayar sebesar Rp28 ribu per dua liter. Namun mendadak dibatalkan,” terangnya.

Pembatalan itu, lanjut Didin, sudah diketahui Selasa malam sekitar pukul 22.00 WIB. Lewat grup whatsapp langsung dikembalikan kepada warga.

“Saya sudah meminta kasi ekbang untuk mengecek ke kelurahan, dan semua sudah dikembalikan pada pukul 10.00 WIB,” tambahnya.

Menurut Didin, warga merasa kecewa dengan keputusan itu, lantaran warga sudah merasa senang dengan rencana OP ini. Mengningat sekarang sangat sulit mendapatkan minyak goreng. Untuk itu, Didin berharap ada OP pengganti dikemudian hari.

“Kami berharap ada OP pengganti , namun kuota jangan sampai dikurangi. Harapan kami, kuota tetap 1.200 warga, karena saya khawatir ada demo warga,” tutupya. (put)

 

Yatni Setianingsih

Recent Posts

Paul Munster Kecewa Usai Dikalahkan Persib

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lawatan Persebaya Surabaya ke Bandung berakhir sia-sia. Pelatih Persebaya Paul Munster pun…

10 jam ago

Cawagub Ilham Habibie Blusukan di Cimahi

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ilham Habibie blusukan menemui masyarakat Kota Cimahi,…

10 jam ago

Raih Kemenangan, Persib Bandung Pantang Besar Kepala

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung kembali raih kemenangan. Persebaya Surabya pun jadi korbannya setelah dilumat…

10 jam ago

Sempat Terkapar, Begini Kondisi Terkini Tyronne del Pino

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino jadi salah satu pusat perhatian di laga Persib Bandung…

10 jam ago

Bojan Hodak Bongkar Kunci Persib Kalahkan Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung mendulang kemenangan atas Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2024/2025.…

11 jam ago

Foto BRI Liga 1 Persib Bandung Vs Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Absennya bobotoh di Stadion Si Jalak Harupat tidak memengaruhi kinerja Persib Bandung.…

12 jam ago