HEADLINE

Jepang, Australia, Arab Saudi Berebut Tiket, 10 Negara Afrika Saling Jegal, Chile Terancam Gagal World Cup Qatar

ADVERTISEMENT

*)CATATAN WORLD CUP : Play-off Kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022

Ulasan : Jhon Be (Pemimpin Redaksi Pasjabar)

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMSelain zona Eropa yang menyita perhatian karena pertemuan Italia vs Portugal dalam partai hidup mati di final Play-Off Piala Dunia Qatar 2022, masih ada zona lain dari benua yang menarik untuk kita ulas. Salah satunya zona Asia.

Jatah zona Asia adalah 5 tiket, 4 tiket untuk lolos otomatis, sedang 1 tiket akan di perebutkan melalui Play-Off tim yang berada diurutan tiga dari grup A dan B. Jika menang dalam Play-Off Asia, pemenangnya harus menjalani laga Play-Off konfederasi, melawan urutan 5 zona Conmebol.

Saat ini, 2 tiket otomatis sudah dipegang Iran dan Korea Selatan, kedua tim ini dipastikan lolos setelah menjadi juara grup A dan Runner up, kedua negara ini dipastikan tidak ada terkejar lagi perolehan nilai oleh 4 tim negara lain yang berada di grup A, poin Iran 16 dan Korea Selatan 14, jauh meninggalkan urutan 3,4 dan 5 yakni UEA, Lebanon Irak, yang masing masing memiliki poin 6,5 dan 4, sedangkan juru kunci Syria dipastikan akan gugur karena baru memperoleh 2 poin.

Harapan satu tiket lagi masih bisa didapat oleh urutan 3 melalui Play-Off. Di Grup A zona Asia peringkat 3 masih diperebutkan, UEA, Lebanon dan Irak.

Sedangkan di grup B zona Asia, tiga negara masih berebut 2 tiket otomatis lolos ke Qatar. Di grup ini belum dapat ditentukan pemuncak klasemen dan runner up. Posisi di grup ini sangat ketat. Pemuncak klasemen sementara Saudi Arabia poin 16, runner up Jepang poin 12 dan urutan ketiga Australia poin 11. Tiga negara ini memang di pastikan akan berada di tiga besar grup B. Karena 3 negara lain di urutan 4 hingga 6 tidak akan dapat mengejar lagi, yakni Oman, China dan Vietnam.

Sehingga yang berpeluang dalam 2 pertandingan terakhir pada 24-29 Maret nanti, hanyalah Arab Saudia, Jepang dan Australia. Ketiga negara ini akan bertarung menjadi pemuncak klasemen dan runner up agar dapat tiket otomatis ke Qatar, sedangkan urutan 3 harus melalui Play-Off Asia, dan pemenangnya masih harus berhadapan dengan urutan 5 zona conmebol.

Secara matematis, Arab Saudi lebih mudah meraih tiket, pertandingan pekan depan pada 24 Maret Arab Saudia bertemu China yang notabene sudah tidak ada harapan lolos ke Qatar. Berbeda dengan Jepang yang saat ini runner up, Jepang bertanding dengan Australia yang berada di urutan 3. Poin kedua tim hanya terpaut 1 Poin. Dipastikan kedua tim ingin menjadi runner up agar mendapat tiket otomatis ke Qatar.

Dan pada mactchday 10 atau terakhir 29 Maret, Jepang jika pun seri atau kalah masih memiliki harapan karena akan bertanding dengan juru kunci grup B Vietnam. Sedangkan Australia bertemu Arab Saudi. Australia akan menemui jalan berat untuk meraih tiket otomatis.

Sementara untuk zona Afrika telah memasuki babak ketiga, dimana 10 tim bertanding dengan sostem home- away, pada leg 1 25 dan 26 Maret dan leg 2 pada 30 Maret, Para pemenangnya akan meraih 5 tiket jatah ke Qatar.

Konga vs Maroko

Kamerun vs Algeria

Mali vs Tunisia

Ghana vs Nigeria

Mesir vs Senegal

Di Zona Conmebol atau Amerika Selatan, ada 4 jatah negara yang lolos otomatis, sampai saat ini sudah 2 tim yang dipastikan lolos yakni Brazil poin 39 dan Argentina poin 35, poin kedua negara ini sudah tidak bisa terkejar oleh urutan 3 yang saat ini di huni Ekuador poin 25.

Zona ini di ikuti 10 negara Amerika Selatan atau Latin, masih ada 2 jatah lagi yang bisa diperebutkan untuk lolos otomatis ke Qatar, yakni tim urutan 3 dan 4. Sementara urutan 5 akan menjalani Play-Off melawan juara Play-Off Asia.

Urutan zona Conmebol

  1. Brazil 39
  2. Argentina 35
  3. Ekuador 25
  4. Uruguay 22
  5. Peru 21
  6. Chile 19
  7. Kolombia 17
  8. Bolivia 15
  9. Paraguay 13
  10. Venezuela 10

Melihat urutan ini, jelas Ekuador berpeluang besar mendampingi Brazil dan Argentina. Tinggal 1 kemenangan Ekuador akan lolos. Setelah itu Uruguay bisa lolos di urutan 4 tetapi tidak akan mudah tim yang akan di hadapi Luiz Suarez dkk, sebab mereka akan berhadapan dengan Peru yang posisinya tepat di bawah mereka alias urutan 5 dan hanya terpaut 1 poin saja. Jika Uruguay gagal menang dengan Peru, mereka turun menjadi urutan 5, Chile bisa membayangi poin Uruguay karena jika Chile Menang dengan Kolombia poinnya akan sama 22. Maka akan terjadi pertandingan hidup mati memperebutkan urutan 5, yang masih ada harapan lolos melalui Play-Off konfederasi melawan juara Play-Off Asia. Di pertandingan terakhir Uruguay akan bertemu Chile.

Tetapi jika Uruguay menang saat lawan Peru pada pertandingan 25 Maret nanti, Uruguay dipastikan lolos di urutan 4 kalaupun di pertandingan akhir lawan Chile kalah Uruguay berada di urutan 5 untuk ikut jatah Play-Off.

Sebaliknya jika Peru yang gagal dan Chile Menang lawan kolombia, posisi Peru yang terancam gagal lolos. Bahkan jika di macthday akhir Peru menang lawan Paraguay, nilai maksimalnya hanya 24. Tetap di bawah Uruguay yang jika kalah lawan Chile di Macthday akhir 30 Maret. Dan Chile berhasil menang di 2 laga akhir lawan kolombia dan Uruguay. Maka Uruguay dan Chile berada di urutan 4 dan 5. Maka di zona Conmebol ini masih sangat seru.

Di zona Concacaf atau Amerika Utara, Tengah dan Karibia masih akan memainkan 3 pertandingan, yang akan bergulir pada 25 Maret, 28 Maret dan terakhir 31 Maret. Zona ini mendapat 3 jatah yang lolos otomatis ke Qatar, yakni urutan 1,2 dan 3, sementara urutan ke 4 harus mengikuti zona Play-Off melawan pemenang zona Ocenia atau OFC.

Zona Concacaf :

  1. Kanada 25
  2. Amerika Serikat 21
  3. Meksiko 21
  4. Panama 17
  5. Kosta Rika 16
  6. El Salvador 9
  7. Jamaika 7
  8. Honduras 3

Sedangkan untuk zona Ocenia, pemenangnya akan lolos setelah melalui babak Play-Off dengan urutan 4 zona Concacaf. Zona Ocenia saat ini masih bertanding ada 8 negara di bagi 2 grup. Grup A : Solomon Islands, Tahiti, Vanuatu, Tonga. Grup B : New Zealand, New Caledonia, Fini, Papua New Guinea. Juara grup akan bertanding di babak final kualifikasi, siapa pemenangnya harus bertanding di Play-Off melawan urutan 4 zona Concacaf. Tentu zona Ocenia ini sangat sulit untuk lolos ke Qatar. Karena perjalanannya untuk meraih 1 tiket cukup terjal dan memakan waktu panjang. Hingga saat ini zona Ocenia baru memainkan 2 pertandingan. Bahkan dikabarkan satu negara yakni Vanuatu mengundurkan diri.

Perebutan tiket terakhir lolos ke Qatar, adalah Pertandingan terakhir babak Play-Off juara zona Ocenia melawan urutan 4 zona Concacaf yang akan dilangsung pada bulan Juni 2022.

Kemudian lengkaplah menjadi 32 negara yang akan bertanding di Piala Dunia Qatar 2022 pada 21 November – 18 Desember. (Tamat)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Korban Gempa di Cibereum Mulai Mengeluh Penyakit Pasca Bencana

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Sejumlah warga korban gempa bumi di Desa Cibereum, Kecamatan Kertasari, mulai mengeluhkan…

41 menit ago

Ribuan Warga Masih Bertahan di Pengungsian Gempa Kertasari, Butuh Makanan dan Selimut

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Empat hari setelah gempa bumi mengguncang Kertasari, ribuan warga masih bertahan di…

2 jam ago

Ternyata Makassar hingga Sumedang Tercatat Paling Panas di Asia Tenggara!

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Analisis terbaru dari Climate Central mengungkapkan bahwa empat kota di Indonesia, yaitu…

3 jam ago

Pj Gubernur Jabar: Edukasi Bencana Harus Gencar, Siapkan Peralatan Darurat Lebih Baik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, mengungkapkan bahwa penanganan korban…

4 jam ago

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

15 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

16 jam ago