PASBISNIS

Apa Itu Bitcoin ? Ini Penjelasan Pakar

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Dosen program studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITB (FMIPA ITB), Dr. Muchtadi Intan Detiena, S.Si., M.Si., menjelaskan tentang Bitcoin.

“Cryptocurrency adalah uang elektronik atau mata uang virtual. Sementara itu, Bitcoin merupakan salah satu representasi tersukses dari Cryptocurrency. Bitcoin pertama kali dikembangkan pada tahun 2008 oleh Satoshi Nakamoto sebagai sistem pembayaran online berbasis perangkat lunak dan diperkenalkan sebagai perangkat lunak open-source pada tahun 2009,” katanya seperti dikutip PASJABAR dari laman itb, Kamis (31/3/2022).

Dasar dari Bitcoin berbeda dengan mata uang konvensional lainnya. Berbagai mata uang konvensional didasarkan pada kuantitas emas, perak, dan berbagai jenis logam lainnya. Sementara, sistem Bitcoin dijalankan oleh protokol Bitcoin yang didasarkan pada matematika.

Bitcoin memiliki beberapa fitur yang membedakannya dari mata uang biasa. Fitur pertama adalah terdesentralisasi yang memiliki arti bahwa protokol Bitcoin tidak memerlukan pihak ketiga dan secara teori tidak dikendalikan oleh otoritas pusat. Fitur unik lainnya dari Bitcoin adalah transparan dan anonim.

“Bitcoin disimpan dalam dompet yang dapat diakses oleh pemilik. Dompet tersebut menggunakan kriptografi kunci publik yang terdiri dari dua jenis kunci yaitu kunci publik dan privat. Kunci publik dapat dianggap sebagai nomor rekening dan kunci privat dapat dianggap sebagai kepemilikan,” imbuhnya.

Selain itu, Bitcoin juga tidak membebankan biaya untuk transfer baik dalam lingkup nasional maupun internasional.

“Bitcoin melindungi terjadinya pengeluaran ganda dengan memverifikasi setiap transaksi yang ditambahkan ke rantai blok untuk memastikan bahwa input untuk transaksi sebelumnya tidak pernah terjadi,” tutupnya. (*)

Yatni Setianingsih

Recent Posts

Gol Tyronne del Pino Nyaris Bawa Persib Menang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino nyaris membawa Persib Bandung  mengalahkan Lion City Sailors dalam…

6 jam ago

Viral Perpanjangan Waktu Hingga Menit 100

WWW.PASJABAR.COM -- Keputusan wasit Ammar Abo Alo yang memperpanjang waktu tambahan hingga menit ke 100…

7 jam ago

Pengusaha Hotel dan Restoran Bandung Komit Kelola Sampah Mandiri

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Sejumlah pengusaha hotel dan restoran di Kota Bandung menyatakan komitmennya untuk kelola…

9 jam ago

Pemkab Bandung Tingkatkan Pengelolaan Sampah, Kurangi Beban TPA Sarimukti

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung terus mengoptimalkan pengelolaan sampah organik dan anorganik yang…

10 jam ago

SMKN 1 Karawang, Jadi Sekolah Asia Pertama Kembangkan Think Big Space dari Amazon

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – SMKN 1 Karawang jadi sekolah di Asia pertama yang digandeng Amazon mengembangkan…

10 jam ago

600 Santri Peringatan Hari Santri di Pemkot Cimahi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Pemerintah Kota Cimahi memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2024. Peringatan Hari Santri…

10 jam ago