PASBISNIS

Begini Pembuatan Bitcoin

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Dosen program studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITB (FMIPA ITB), Dr. Muchtadi Intan Detiena, S.Si., M.Si., menerangkan proses pembuatan Bitcoin, yang kini masih jadi perbincangan hangat.

Menurutnya Proses pembuatan Bitcoin sering disebut sebagai Mining Process dan pembuat Bitcoin dapat disebut sebagai Miner.

“Miner menggunakan perangkat lunak khusus untuk memecahkan masalah matematika berupa algoritma Bitcoin. Setelah itu, mereka baru dapat menerima sejumlah koin. Bitcoin dibuat setiap kali pengguna membangun blok baru,” bebernya seperti dikutip PASJABAR dari laman itb, Kamis (31/3/2022).

Perangkat lunak menciptakan unit baru hingga mencapai 21 juta unit. Laju pembuatan blok juga diperkirakan konsisten dari waktu ke waktu dengan pengurangan 50 persen setiap empat tahun.

Bitcoin dapat diperoleh melalui berbagai cara. Mulai dari mining Bitcoin, menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran, perdagangan Bitcoin, dan mendapatkan Bitcoin sebagai penghasilan tetap serta pembayaran bunga.

Namun, penggunaan Bitcoin telah menimbulkan berbagai pertentangan dan masalah teknis maupun teoritis. Mulai dari berbagai aktivitas ilegal yang dilakukan menggunakan Bitcoin, masalah mining, perdebatan mengenai mata uang independen dan terdesentralisasi, skeptisme terhadap penerapan teknologi baru yang tidak diatur dalam bidang keuangan, hingga ketidakselarasan dengan peraturan dan isu perpajakan.

Maka dari itu, tentunya penggunaan dari Bitcoin ini memberikan sejumlah keuntungan dan juga kerugian. Bitcoin merupakan sarana keuangan yang mudah diatur dan cepat. Biaya transaksi dari Bitcoin juga rendah dan tidak dapat diubah. Namun, produk keuangan Bitcoin masih tergolong baru dan belum diinvestigasi. Sejarah dari Bitcoin juga dipertanyakan serta status hukumnya yang belum ditentukan. Ditambah lagi, anonimitas dan status pajak dari Bitcoin tidaklah jelas. (*)

Yatni Setianingsih

Recent Posts

Gol Tyronne del Pino Nyaris Bawa Persib Menang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino nyaris membawa Persib Bandung  mengalahkan Lion City Sailors dalam…

6 jam ago

Viral Perpanjangan Waktu Hingga Menit 100

WWW.PASJABAR.COM -- Keputusan wasit Ammar Abo Alo yang memperpanjang waktu tambahan hingga menit ke 100…

7 jam ago

Pengusaha Hotel dan Restoran Bandung Komit Kelola Sampah Mandiri

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Sejumlah pengusaha hotel dan restoran di Kota Bandung menyatakan komitmennya untuk kelola…

9 jam ago

Pemkab Bandung Tingkatkan Pengelolaan Sampah, Kurangi Beban TPA Sarimukti

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung terus mengoptimalkan pengelolaan sampah organik dan anorganik yang…

10 jam ago

SMKN 1 Karawang, Jadi Sekolah Asia Pertama Kembangkan Think Big Space dari Amazon

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – SMKN 1 Karawang jadi sekolah di Asia pertama yang digandeng Amazon mengembangkan…

10 jam ago

600 Santri Peringatan Hari Santri di Pemkot Cimahi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Pemerintah Kota Cimahi memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2024. Peringatan Hari Santri…

10 jam ago