HEADLINE

Pengalaman Lukman Fadlansyah Ramadhan Dapat Beasiswa IISMA

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Salah satu mahasiswa ITB, Lukman Fadlansyah Ramadhan meraih program IISMA. Mahasiswa Teknik Geodesi dan Geomatika 2018 yang akrab disapa Lukman ini menjadi salah satu awardee IISMA yang menempuh studi selama 1 semester di University British Columbia, Vancouver, Kanada. Di sana, Lukman mengambil studi terkait forestry atau kehutanan supaya lebih berhubungan dengan yang sudah dipelajari selama di ITB.

Program IISMA ini berhasil mewujudkan cita-cita Lukman. Sejak lama, Lukman berkeinginan untuk dapat belajar di luar negeri. Selain merasakan suasana belajar yang berbeda, Lukman juga ingin mengenal seperti apa lingkungan, keadaan alam, masyarakat, dan budayanya. Setelah mendapat informasi terkait program IISMA. Lukman pun antusias untuk mendaftar hingga akhirnya lolos.

Meskipun sempat terkendala dengan sertifikat bahasa Inggris yang belum dimiliki sebelumnya, namun atas bantuan berbagai pihak, Lukman dapat menyelesaikan tahap administrasi dengan baik dan melanjutkan ke seleksi selanjutnya berupa wawancara.

“Waktu pendaftaran banyak dibantu Kaprodi untuk surat rekomendasi dan berkas lainnya. Temen-temen juga banyak bantu buat proofread isi motivation letter sama persiapan wawancara,” katanya seperti dikutip PASJABAR dari laman itb, Senin (4/4/2022).

Selama berada di Kanada, Lukman banyak menemui perbedaan yang tidak banyak dijumpai di Indonesia. Di sana, transportasi umum jauh lebih baik daripada yang ditemuinya di Indonesia. Selain itu, transportasi umum yang tersedia juga lebih banyak dan telah terintegrasi. Pemilahan sampah di sana juga sudah berlangsung dengan baik. Dari segi masyarakat, Vancouver sendiri merupakan kota dengan banyak pendatang, sehingga terdapat berbagai kebangsaan dari seluruh dunia yang dapat ditemui.

Lukman mengatakan, dapat lebih mandiri setelah mengikuti IISMA, salah satu contohnya adalah belajar memasak sendiri. Tidak lupa, program ini dapat melatih penggunaan bahasa Inggris Lukman.

Melalui program IISMA, Lukman berharap dirinya dapat membawa “oleh-oleh” yang dapat dibagikan sesampainya kembali ke Indonesia. Selain itu, Lukman juga berharap dapat menjaga relasi dengan teman-teman baru dari program IISMA.

“Sepulang dari sini pengen ada yang bisa aku implementasikan di Indonesia dan berbagi ke banyak orang, jadi bisa upgrade sama-sama,” tambahnya.

Lukman mengingatkan bahwa persyaratan dan seleksi IISMA periode saat ini akan lebih ketat, sehingga persiapan harus lebih matang.

“Persiapin sertifikat Bahasa Inggris supaya engga kelabakan, baik dari segi kemampuan, waktu, dan biaya. Ajak temen yang bisa saling bantu dan kasih masukan,” tutupnya. (*)

 

Yatni Setianingsih

Recent Posts

Persaingan Group C yang Semakin Ketat dan Penuh Intrik

WWW.PASJABAR.COM -- Persaingan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 khusus Grup C Zona Asia sangat…

22 menit ago

Edo dan Ciro Bawa Persib Menang 2-0 atas Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung akhirnya kembali merasakna kemenangan. Dua gol kemenangan Persib dicetak masing-masing…

1 jam ago

AFC Tanggapi BFA yang Menolak Bermain di Indonesia

WWW.PASJABAR.COM -- AFC atau Konfederasi Sepak Bola Asia telah merespon permohonan Asosiasi Sepak Bola Bahrain…

2 jam ago

Raker Paguyuban Pasundan, Transformasi Paguyuban Pasundan Menuju Indonesia Emas 2045

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Besar Paguyuban Pasundan menggelar rapat kerja (Raker) Paguyuban Pasundan bertema Transformasi…

3 jam ago

Satu Tahun Beroperasi, Kereta Cepat Whoosh Angkut 5,8 Juta Penumpang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat pencapaian signifikan dengan mengangkut 5,8…

3 jam ago

Belantara Foundation dan Jepang Tanam Bibit Pohon Langka di Riau

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Belantara Foundation bersama mitra dari sektor swasta Jepang melaksanakan penanaman bibit pohon…

4 jam ago