HEADLINE

HIMABI STKIP Pasundan Jaga Integrasi, Profesional dan Harmoni

ADVERTISEMENT

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM– Mewujudkan HIMABI sebagai Organisasi Mahasiswa yang Berintegrasi, Profesional, dan Harmonis dengan Semangat Progresivitas yang berdasarkan Tridharma Perguruan Tinggi adalah misi dari Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris (HIMABI) STKIP Pasundan Cimahi.

Ketua HIMABI, Fadil Muhammad Rahmanudin menyampaikan bahwa organisasi ini juga memiliki visi untuk meningkatkan integritas dan profesionalisme dari Pengurus HIMABI.

“Kami juga berupaya menyelaraskan pengetahuan dan pelaksanaan roda organisasi HIMABI serta mewujudkan HIMABI sebagai organisasi mahasiswa yang harmonis dalam faktor internal maupun eksternal organisasinya,” ungkapnya kepada PASJABAR, Kamis (21/4/2022).

Di samping itu, terang Fadil, HIMABI juga memfasilitasi mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Pasundan untuk mengembangkan minat, bakat dan pengetahuannya baik dalam hal akademik maupun non akademik.

“Kami juga berupaya membangun relasi dan kerjasama dari dalam maupun luar almamater sebagai bentuk pengembangan organisasi,” tandasnya.

Adapun latarbelakang terbentuknya HIMABI sejak tahun 2004 ini, sejak awal bertujuan untuk mewadahi Mahasiswa/i Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Pasundan dalam bidang keorganisasian, dan juga pengembangan dan fasilitator minat dan bakat.

“Ada Sejumlah Agenda Rutin yang biasa kami laksanakan di HIMABI, mulai dari Content Creation di Sosial Media, Diskusi bersama, melakukan kegiatan kewirausahaan untuk mendanai kegiatan organisasi sampai membantu pihak Program Studi maupun Kampus dalam program ataupun kegiatan yang dilaksanakan,” tuturnya.

Selain itu, sambung Fadil secara rutin HIMABI juga melaksanakan kegiatan kegiatan insidental seperti bakti sosial, pengabdian masyarakat, hingga peringatan peringatan hari besar Agama atupun nasional.

“Di periode sekarang jumlah pengurus HIMABI terhitung 32 orang, namun jumlah ini akan dipastikan bertambah di beberapa bulan ke depan bertepatan dengan dilaksanakan nya open recruitmen untuk pengurus HIMABI,” ulasnya.

Selama ini sambung Fadil, pihaknya juga telah melaksanakan kegiatan yang terbilang cukup besar seperti perlombaan di bidang Bahasa Inggris dengan cakupan peserta dari jawa barat adalah prestasi.

“Untuk rencana ke depan yang kami ingin wujudkan ialah memperluas relasi dan jaringan kami di luar kampus, entah itu bentuknya melaksanakan sebuah event yang digarap bersama ataupun sebuah bentuk kerjasama dalam pengembangan masing masing pihak,” ucapnya.

“Selain itu kami juga berencana untuk lebih giat lagi dalam mencoba untuk membantu memfasilitasi minat dan juga bakat mahasiswa/i di prodi kami untuk “menunjukan taringnya” entah itu di dalam ataupun luar kampus dengan melaksanakan kegiatan kegiatan kompetisi, ataupun dengan publikasi,” imbuhnya.

Fadil menerangkan bahwa HIMABI berusaha untuk mencari kegiatan kegiatan sejenis yang berasal dari luar kampus untuk nantinya disalurkan kembali ke pada Mahasiswa.

“Kami juga berencana untuk melakukan upgrading dan pengembangan dalam bidang keorganisasian di internal HIMABI demi tercapainya sebuah organisasi yang terstruktur dan berintegritas,” ucapnya.

Fadil melanjutkan bahwa HIMABI telah menggelar kegiatan SPEC (STKIP Pasundan English Competition) yang merupakan lomba dibidang bahasa inggris yang mencakup peserta dari Sekolah Menengah Atas se-Jawa Barat.

“Even ini biasa kami laksanakan di tiap tahun di akhir periode kepengurusan, SPEC terakhir yang kami laksanakan adalah pada tahun 2019 dimana sudah 12 kalinya Event tersebut dilaksanakan. Sayangnya, karena Pandemi COVID-19 yang merebak Event ini terpaksa harus ditunda di dua periode sebelumnya. Dengan melihat kelonggaran pembatasan gerak saat ini, kami sangat berharap bisa melaksanakan Kembali SPEC ke-13 ditahun ini,” ulasnya.

Selain SPEC, HIMABI juga rutin setiap tahunnya mengadakan Event di internal kampus seperti Malam Keakraban yang kami sebut English Solidarity Day (ESD), yang merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menambah kesolidaritasan diantara Mahasiswa/i Pendidikan bahasa Inggris.

“Kami sangat berharap di masa mendatang HIMABI ini menjadi sebuah organisasi yang bisa menjadi jembatan yang baik antara mahasiswa ke prodi ataupun kampus, juga menjadi fasilitator bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris SKTIP Pasundan untuk mengembangkan minat dan juga bakatnya dalam skala yang lebih besar lagi dari sekarang,” ungkapnya.

Melihat ked depan, sambungnya ia juga berharap akan terbangun relasi dan kerjasama antara HIMABI dengan organisasi-organisasi diluar kampus dengan tujuan untuk lebih memperkenalkan dan menunjukan organisasi kami ke khalayak yang lebih luas. Juga dalam pelaksanaan pelaksanaan program kerja dan pengembangan internal organisasinya sendiri.

“Kami berharap HIMABI menjadi wadah dimana Mahasiswa/i Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Pasundan mengasah kemampuannya di bidang keorganisasian,” pungkasnya. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

42 menit ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

43 menit ago

Jeni Cindianti, Gadis dengan Segudang Cita-cita

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Jeni Cindianti, yang akrab dipanggil Jeni, adalah sosok gadis yang penuh dengan semangat…

45 menit ago

Operasikan Dapur Umum untuk Pengungsi Gempa, 7.000 Paket Makanan di Siapkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung mulai mengoperasikan dapur umum untuk mendukung kebutuhan logistik bagi…

2 jam ago

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

2 jam ago

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

3 jam ago