HEADLINE

DPRD Kota Bandung Desak Pihak Ini Selesaikan Jembatan Exit Tol 149

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung mendesak Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jabar untuk segera menyelesaikan jembatan exit tol 149, yang terletak di Summarecon, Kota Bandung.

“Hari ini (Rabu, 18/5/2022,red) kami melakukan peninjauan ke lokasi pembangunan jembatan exit tol 149, dan melihat tidak ada progress pembangunan setelah terhenti sekitar 5 tahun,” ujar Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan di sela-sela peninjauan ke lokasi jembatan yang terletak di Summarecon tersebut.

Seperti diketahui, ini merupakan proyek pemerintah pusat yang dimulai pada 2015-2016, namun itu juga masih belum rampung, dan sampai sekarang tidak diteruskan.

“Selama 5 tahun tidak ada kelanjutan, sementara eksisting di kawasan ini, tingkat kemacetan sudah semakin meningkat,” terangnya.

Disinggung mengenai kendala, Tedy mengatakan salah satu yang menjadi kendala adalah pembebasan lahan, di mana hal tersebut merupakan tugas Pemprov Jabar.

“Pembebasan yang sekarang harus dilakukan adalah ke arah Jalan Soekarno-Hatta,” terangnya.

Dengan kondisi pandemi yang sudah mereda, Tedy berharap akan berdampak baik pada roda perekonomian yang pada gilirannya akan berimbas baik ke pendapatan Pemprov Jabar.

“Kalau perekonomian Pemprov sudah membaik, mudah-mudahan pembebasan lahan bisa dilanjutkan pada 2023, sehingga bisa segera tuntas,” harapnya.

Tedy sangat berharap rencana pembanguna tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci), titik awalnya bisa di perempatan Gedebage.

“Jadi nama Getaci itu, tidak hanya sekedar nama, melainkan memang titik awalnya dari perempatan Gedebage. Sehingga itu juga bisa menajdi satu solusi kemacetan,” tuturnya.

Ditanya mengenai populasi, Tedy mengatakan di kawasan Bandung Timur, khusunya Kecamatan Gedebage merupakan kawasan yang berkembang dengan pesat. Tedy mencontohkan di Komplek Adipura pun akan dibangun satu kawasan lagi.

Sementara itu, menurut Camat Gedebage sekarang jumlah penduduk di Kecamatan Gedebage sebanyak 41. 780 jiwa. Belum lagi ditambah dengan populasi di kawasan Kabupaten Bandung. Sebagaimana diketauhi ada beberapa wilayah di Kecamatan Gedebage, memang berbatasan langsung dengan kawasan Kabupaten Bandung.

“Selain itu, sekarang kan sedang dalam proses pembangunan double track,” tambahnya.

Seperti diketahui pada pembangunan tahap satu dilakukan dari Gedebage- Haurpugur, sedangkan tahap kedua Kiaracondong-Gedebage dan Haurpugur-Cicalengka. Proyek yang segera memasuki tahap II tersebut diyakini bisa menambah kapasitas lintas dan layanan penumpang, serta mempercepat waktu tempuh. (put)

Yatni Setianingsih

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

1 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

2 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

3 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

4 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

4 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

4 jam ago