PASOLAHRAGA

Cara Persib Hindari Menu Latihan Diintip Youtuber

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Pelatih Persib Bandung Robert Alberts menerapkan cara khusus, agar menu latihan para pemain tidak diintip Youtuber. Materi latihan benar-benar dijaga agar hanya jadi rahasia tim.

Sehingga, kehadiran Youtuber atau pihak lain yang mengabadikan momen Persib latihan dipersempit geraknya. Sebab, Persib khawatir video rekaman latihan pada akhirnya diintip calon lawan sehingga kekuatan ‘Maung Bandung’ terbongkar.

Dua skema diberlakukan Robert dalam sesi latihan, yaitu terbuka dan tertutup. Latihan tertutup akan dilakukan jika tim berlatih di Lapangan Soccer Republic. Sedangkan ketika berlatih di Stadion Persib digelar terbuka.

Dalam latihan terbuka, Bobotoh dan siapapun boleh menyaksikan skuad Persib. Hal itu dilakukan Persib untuk membangun kedekatan dengan mereka.

“Jadi saat kami berlatih di Sidolig (Stadion Persib), suporter boleh berada di sana. Orang-orang ingin menyaksikan kami berlatih dan itu bagus, karena ada interaksi yang bagus antara suporter dengan pemain,” kata Robert, Selasa (24/5/2022).

Hal itu dinilai bagus karena akan jadi pemanasan bagi pemain, untuk bermain kembali di depan penonton di stadion. Sebab, sejak pandemi menghantam, Persib dan tim lain harus bermain tanpa kehadiran suporter di stadion.

Sedangkan untuk Stadion GBLA, Robert menegaskan sesi latihan akan digelar tertutup. Hanya pihak internal saja yang boleh menyaksikan tim berlatih.

“Di GBLA, kami juga butuh privasi dan mematangkan sejumlah aspek untuk pertandingan. Dan itu adalah rahasia,” jelasnya.

Ia pun menegaskan, soal kehadiran Youtuber yang kerap sembunyi-sembunyi mengabadikan latihan Persib. Itu merupakan tindakan ilegal dan jelas tak boleh dilakukan.

“Iya itu ilegal tentu saja. Itu hanya hak dari pihak Persib Bandung saja untuk mengambil video dari dalam stadion,” ucap Robert.

Tak hanya bagi Youtuber, Persib juga memberlakukan peraturan ketat bagi wartawan. Dalam sesi latihan tertutup, wartawan hanya diperkenankan mengambil foto atau video saat pemain melakukan pemanasan.

Setelah itu, wartawan akan diminta meninggalkan lokasi. Sedangkan saat latihan terbuka, wartawan boleh meliput tapi dengan sejumlah aturan dan pembatasan. (ars)

 

 

Yatni Setianingsih

Recent Posts

Foto BRI Liga 1 Persib Bandung Vs Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Absennya bobotoh di Stadion Si Jalak Harupat tidak memengaruhi kinerja Persib Bandung.…

39 menit ago

Jay Idzes Perkuat Timnas Indonesia saat Lawan Jepang

WWW.PASJABAR.COM -- Jay Idzes dipastikan bisa memperkuat Timnas Indonesia saat menghadapi Jepang dalam lanjutan Kualifikasi…

2 jam ago

Persaingan Group C yang Semakin Ketat dan Penuh Intrik

WWW.PASJABAR.COM -- Persaingan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 khusus Grup C Zona Asia sangat…

3 jam ago

Edo dan Ciro Bawa Persib Menang 2-0 atas Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung akhirnya kembali merasakna kemenangan. Dua gol kemenangan Persib dicetak masing-masing…

4 jam ago

AFC Tanggapi BFA yang Menolak Bermain di Indonesia

WWW.PASJABAR.COM -- AFC atau Konfederasi Sepak Bola Asia telah merespon permohonan Asosiasi Sepak Bola Bahrain…

5 jam ago

Raker Paguyuban Pasundan, Transformasi Paguyuban Pasundan Menuju Indonesia Emas 2045

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Besar Paguyuban Pasundan menggelar rapat kerja (Raker) Paguyuban Pasundan bertema Transformasi…

5 jam ago