PASBANDUNG

Sapi Terpapar PMK, Bupati Bandung Pastikan Pemerintah Beri Solusi

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Bupati Bandung Dadang Supriatna meninjau langsung tempat peternakan sapi yang terpapar Penyakit Kuku Dan Mulut atau PMK di kawasan Pangalengan Kabupaten Bandung Jawa Barat pada Kamis (9/6/2022).

Bupati Bandung telah memerintahkan kadis pertanian, untuk segera melakukan langkah-langkah antisipasi agar penyakit PMK pada hewan ternak sapi ini tidak meluas.

“Saya sudah memerintahkan kepada pak kadis pertanian untuk segera melakukan langkah-langkah dan rakor bagaimana antisipasinya,” kata Bupati Bandung Dadang Supriatna.

Menurut Bupati Bandung, Kejadian ini harus segera diantisipasi paling tidak harus ada vaksin terhadap sapi yang terpapar virus PMK.

“Karena walau bagaimanapun ini kan virus yg tidak bisa kelihatan secara fisik dan harus segera dilakukan vaksinasi. Tentu dalam waktu dekat kita akan mempersiapkan pelaksanaan vaksinasi untuk sapi, salah satu contoh barusan ada sapi yg udah lemes karena penyakit dan akhirnya para peternak memilih utk dipotong,” ujar Bupati Bandung.

Akibat Kejadian ini banyak para peternak sapi yang menjual sapinya dengan harga murah, hingga akhirnya para peternak sapi ini merugi.

Bupati Bandung memastikan pemerintahan akan hadir untuk menanggulangi persoalan penyakit PMK pada hewan ternak sapi ini.

“Banyak peternak yang menjual dengan harga murah, ini kan salah satu persoalan yang harus kita sikapi, tapi kalau ada petani yang sudah pasrah, prinsipnya pemerintah nanti akan hadir,” ujarnya.

Persoalan ini akan disampaikan pada pemerintah pusat, bahkan pemerintah Kabupaten Bandung akan menggunakan anggaran Belanja Tak Terduga (BTT).

“Nanti kita akan sampaikan pada pemerintah pusat dan melakukan rakor segera sehingga akan menggunakan dana BTT atau seperti apa,” paparnya.(fal)

Yatni Setianingsih

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

3 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

4 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

5 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

6 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

6 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

6 jam ago