HEADLINE

UKM Pencak Silat STKIP Pasundan Lejitkan Prestasi Hingga Tingkat Dunia

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pencak Silat kini kian semakin berkembang dan menjadi wadah dalam meningkatkan kemajuan prestasi olahraga Pencak Silat di STKIP Pasundan Cimahi.

Ketua UKM Pencak Silat, Asep Indra Gumelar mengungkapkan bahwa organisasi ini juga menjadi sarana penyalur minat dan bakat mahasiswa/i STKIP Pasundan Cimahi khususnya pada olahraga Pencak silat dan menjalin silaturahmi antar mahasiswa STKIP pasundan Cimahi.

“Kami juga mempunyai misi untuk mengembangkan kemampuan dasar melalui latihan rutin, mengadakan berbagai kegiatan guna mempererat silaturahmi, mengikuti ajang kejuaraan pencak silat multi event maupun single event tingkat Nasional maupun internasional,” tuturnya kepada PASJABAR, Senin (4/7/2022).

Indra juga bercerita bahwa UKM Pencak Silat STKIP Pasundan Cimahi dibentuk pertama kali pada tahun 2002 dan berjalan kurang lebih sampai 2011-2012 dan sempat terhenti karena beberapa hal.

“UKM Pencak Silat kembali terbentuk pada tahun 2015 dengan kepengurusan baru untuk jangka waktu yang tidak ditentukan,” ulasnya.

Adapun agenda rutin UKM pencak silat STKIP Pasundan yaitu latihan rutin dua kali dalam seminggu serta kumpul wajib untuk membahas perkembangan organisasi UKM Pencak silat kedepannya.

“Ada juga makrab atau malam ke akraban,untuk acara ini biasa di agendakan, bagi anggota yang masih aktif maupun yang sudah non aktif atau alumnus,” tegasnya.

UKM Pencak Silat yang beranggotakan aktif sebanyak ini 67 peserta ini juga telah meraih beragam prestasi.

“Dari segi prestasi kita pernah mengikuti kejuaraan kejuaraan daerah yang sifatnya single event maupun Multievent,” ulasnya.

Dari Single event 4 tahun terakhir, UKM Pencak Silat berhasil menjadi Juara tanding 1 pcoc Champions ship, Juara 3 Tanding pcoc Champions ship, Juara 1 Bandung lautan api 1

“Di kejuaraan Hanifan YK Champions 2019 kita mendapatkan mendali, 2 emas, 1 perak , 1 perunggu dari jumlah atlet yang di ikut sertakan 6 atlet. Event ini merupakan event terakhir sebelum terbentur oleh masa covid 19 yang berdampak di berhentikannya kegiatan kegiatan organisasi di kampus lingkungan STKIP Pasundan,” paparnya.

Sementara itu, untuk prestasi multieventya yakni Juara 1 Partai Olahraga Nasional (Pon) tanding kelas C putra atas nama Hanifan Yudani Kusuma, Juara 2 Pon kategori Tunggal Putri atas nama Risya Gunawan, Juara 1 Pon Tanding Putra atas nama Gusfa, Juara 1 Seagame 2018 tanding kelas D putra atas nama Hanifan Yudani Kusuma, Juara 1 Tanding Kejuaraan dunia di Vietnam.

Selanjutnya, Juara 1 tanding kelas C putra selsi Bumi Siliwangi Road to POMNAS, Juara 1 Tunggal Putra atas nama Risya Gunawan seleksi POMNAS Bumi Siliwangi road to POMNAS.

“Event event ini merupakan even terakhir yang di ikuti sebelum terdampak covid 19 ,dan Kurang lebih 2 tahun UKM silat tidak bisa berjalan sama sekali entah dari segi agenda rutin maupun mengikuti kegiatan event event silat Multi event maupun single event.
Rencana kedepannya UKM semoga bisa mengukir kembali prestasi prestasi yang baru terutama di tingkat Nasional Maupun internasional,” paparnya.

Indra mengatakan untuk kegiatan yang sudah di gelar oleh UKM silat adalah event Pasundan Cimahi open yang di laksanakan pada tahun 2018 dengan tingkat pelajar dan mahasiswa Kota/Kabupaten.

“Harapan kami kedepannya semoga UKM Pencak Silat lebih jaya lagi dan agenda agenda yang belum terlaksana bisa terlaksana,” pungkasnya. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Persaingan Group C yang Semakin Ketat dan Penuh Intrik

WWW.PASJABAR.COM -- Persaingan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 khusus Grup C Zona Asia sangat…

33 menit ago

Edo dan Ciro Bawa Persib Menang 2-0 atas Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung akhirnya kembali merasakna kemenangan. Dua gol kemenangan Persib dicetak masing-masing…

2 jam ago

AFC Tanggapi BFA yang Menolak Bermain di Indonesia

WWW.PASJABAR.COM -- AFC atau Konfederasi Sepak Bola Asia telah merespon permohonan Asosiasi Sepak Bola Bahrain…

3 jam ago

Raker Paguyuban Pasundan, Transformasi Paguyuban Pasundan Menuju Indonesia Emas 2045

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Besar Paguyuban Pasundan menggelar rapat kerja (Raker) Paguyuban Pasundan bertema Transformasi…

3 jam ago

Satu Tahun Beroperasi, Kereta Cepat Whoosh Angkut 5,8 Juta Penumpang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat pencapaian signifikan dengan mengangkut 5,8…

4 jam ago

Belantara Foundation dan Jepang Tanam Bibit Pohon Langka di Riau

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Belantara Foundation bersama mitra dari sektor swasta Jepang melaksanakan penanaman bibit pohon…

5 jam ago