HEADLINE

3 Tahun GEMA Pasundan : Dari Pasundan Untuk Bangsa, Berbangga Hati, Bergema Pasundan!

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Tanggal 22 Juli 2019 adalah hari yang sangat bersejarah dalam perjalanan Paguyuban Pasundan karena para mahasiswa dan pemuda Pasundan berani mendeklarasikan dirinya sebagai Gerakan Mahasiswa (GEMA) Pasundan

GEMA Pasundan berdiri di atas kepedulian dan keresahan terhadap regenerasi/kaderisasi organisasi besar paguyuban pasundan sehingga kala itu segelintir mahasiswa pasundan dan pemuda berani mendeklarasikan dirinya sebagai Gerakan Mahasiswa Pasundan.

Ketua Umum GEMA Pasundan, Rajo Galan memaparkan bahwa empat perguruan tinggi di bawah Yayasan Perguruan Tinggi (YPT) Pasundan mendeklarasikan dirinya dengan gagah dan berani.

“Organisasi tanpa kaderisasi itu akan mati ini yang menjadi dasar penguat kami kala awal mendeklarasikan diri,” tuturnya Sabtu (23/7/2022).

Tiga tahun berdiri Gerakan Mahasiswa Pasundan terang Rajo terus berkembang dan menghasilkan kader-kader untuk turut membangun bangsa.

“Tiga tahun berdiri, GEMA Pasundan menjadi kebanggan bagi kami karena kami terus berlipat ganda dan kami terus bertransformasi menjadi organisasi yang moderat yang terus berupaya mencetak kader umat dan bangsa yang setia terhadap pancasila dan menjunjung tinggi nilai nilai idealisme pemuda,” ucapnya.

“Kami sangat bangga dan terharu sekali dengan torehan kami karena kalau kita melihat sejarah banyak sekali organisasi sayap ataupun kelompok yang terbentuk sebelumnya itu tenggelam bahkan hilang tapi kami membuktikan tiga tahun ini kami terus berlipat ganda,eksis dalam berkegiatan dalam menjadi check and balance bagi pemerintah dan bergerak untuk kemaslahatan keumatan karena kami sadar betul, kami ini calon pemimpin yang lahir dari rahim rakyat yang harus kembali pada rakyat,” imbuhnya.

Terjangan ombak dan derasnya badai sambung Rajo, mampu dilewati bersama oleh GEMA Pasundan dan menjadi sebuah proses pendewasaan diri.

“Kami selalu meyakini itu adalah proses perjuangan, di mana GEMA Pasundan harus tetap berdiri tegak dan gagah dalam proses dan perjuangannya sehingga kelak nanti kami akan menjadi manusia yang hebat karna pelaut yang hebat tidak terlahir dari ombak yang tenang,” ulasnya.

“Semangat Otto iskandardinata, Ir Djuanda dan Dewi Sartika itu selalu hidup dalam sanubari kami yang terus kami jaga dan rawat api perjuangan untuk mengembalikan kejayaan pasundan di masa lalu,” tandasnya.

Selain itu, pihaknya pun berharap ke depan GEMA Pasundan dapat meneruskan api semangat dan gagasan-gagasan besar bung Karno, dan menjadi Sukarno muda yang berjiwa kerakyatan, mengawal Pancasila dan NKRI. Agar tetap tegak dan berdiri kokoh di atas kebhinekaan.

“GEMA Pasundan ke depan akan menjadi energi bangsa untuk Indonesia yang berdaulat, berdikari dan berkepribadian dalam kebudayaan,” ujarnya.

Adapun salam diesnatalis GEMA Pasundan ke tiga mengusung tema “Dari Pasundan untuk bangsa, berbangga hati bergema pasundan”.

“Dalam rangka diesnatalis GEMA pasundan kami juga telah menggelar operasi perut lapar dengan Nasi BERKAT “berkah untuk rakyat” kami lakukan pada tepat pukul 00.00 wib 22 juli 2022,” ucapnya.

“Selanjutnya kami juga akan menggelar bakti sosial di Garut untuk membantu korban banjir dan longsor di lanjut Tasyakur Binni’mah pengurus gema pasundan dan di akhiri dengan talkshow sejarah kepasundanan,” tuturnya.

Setelah diesnatalis ini GEMA Pasundan juga akan terus fokus menggelar kegiatan kegiatan bersama masyarakat.

“Kami ingin terus berada dalam hati rakyat dan selalu menjadi organisasi yang berguna dan bermanfaat bukan hanya berteori di menara gading,” pungkasnya. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Bojan Hodak: Lupakan Kekalahan, Fokus Hadapi Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pelatih PERSIB, Bojan Hodak, meminta para pemainnya untuk melupakan kekalahan 0-1 dari…

9 jam ago

Laga Sengit PERSIB vs Persija: Suporter Dilarang Masuk

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Setelah menghadapi Port FC di laga pembuka AFC Champions League Two (ACL…

10 jam ago

BMKG: Hujan Normal Menyapa Indonesia pada November Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan…

11 jam ago

Resmi Dilantik jadi Pj Wali Kota Bandung, Inilah Perjalanan Karir A. Koswara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – A. Koswara resmi dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Bandung pada 20 September…

12 jam ago

Produk Fesyen Ulos Diserbu Atlet di PON Aceh-Sumut 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Produk fesyen berbahan dasar ulos menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati…

13 jam ago

Program PKM FKIP Unpas: Pemberdayaan Perempuan Melalui Hidroponik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program pemberdayaan perempuan melalui pertanian hidroponik telah dilaksanakan di Kampung Munjul, Desa…

14 jam ago