HEADLINE

FISIP Unpas Beberesih di Pantai Timur Pangandaran, Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

ADVERTISEMENT

PANGANDARAN, WWW.PASJABAR.COM– Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pasundan berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Pangandaran menggelar Beberesih Pantai Timur Pangandaran pada Jumat (22/7/2022).

Kegiatan yang melibatkan ratusan Mahasiswa dan dosen Prodi Administrasi Publik FISIP Universitas Pasundan ini dipimpin langsung oleh Ketua Prodi Administrasi Publik, Drs. Rudi Martiawan, M.Si dan Dr. H. Yaya M. Abdul Azis, M.Si.

Ketua Ristek (Riset dan Praktek) prodi Administrasi Publik FISIP Unpas, Regan Vaughan, S.IKom, M.AP menyampaikan Beberesih Pantai merupakan bagian dari program Penelitian Mahasiswa selama 3 pekan di Kabupaten Pangandaran.

“Untuk kegiatan ini sangat baik dilakukan, selama mahasiswa kuliah 6 semester, bisa di implementasikan di lapangan melalui kegiatan PKM bersih-bersih pantai, di samping peduli terhadap lingkungan, mahasiswa juga bisa bersosialisasi dan kerjasama dengan ASN DLHK juga masyarakat sekitar,” tuturnya kepada PASJABAR, Sabtu (23/7/2022).

Regan menambahkan bahwa kegiatan mahasiswa peduli terhadap lingkungan ini diharapkan dapat menggugah kesadaran masyarakat sekitar untuk bisa menjaga lingkungan dan memelihara kebersihan setiap hari.

“Harapan ke depan, mudah-mudahan kegiatan PKM ini bisa terus disambung oleh mahasiswa prodi di unpas yang lain ataupun mahasiswa dari kampus yang lainnya,” tandasnya.

Lebih lanjut dosen FISIP Unpas Dr. H. Yaya M. Abdul Azis, M.Si. memaparkan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari kurikulum pembelajaran Jurusan administrasi publik FISIP Unpas di mana terdapat satu semester terkait ristek riset dan praktek yang berlangsung selama kurang lebih 3 minggu di Pangandaran.

“Ada sebanyak 150 mahasiswa, mereka ditempatkan di desa, ada juga yang di kecamatan kemudian dibagi-bagi kelompok rata-rata 5 sampai 6 orang, di mana pada intinya mereka membuat laporan penelitian semacam persiapan untuk skripsi, ini adalah latihan individu untuk membuat laporan. Selain itu, mereka juga membuat beragam kegiatan salah satunya beberesih pantai ini,” ulasnya.

Yaya mengatakan bahwa sebelumnya mahasiswa juga telah menggelar berbagai program seperti tarang karuna desa, pengajian di mesjid, hingga mengirimkan sumbangan 200 Al qur’an yang disebar ke berbagai masjid.

“Adapun beberesih pantai ini bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pangandaran bahkan terlibat pula kepala dinas,” ucapnya.

Yaya mengatakan bahwa beberesih pantai berfokus di Pantai timur mengingat banyak kiriman sampah dari muara sungai.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran generasi muda agar lebih peduli dengan lingkungan, karena masalah lingkungan itu merupakan tanggung jawab kita semua,” tandasnya.

“Jika lingkungan dibiarkan rusak maka akan membawa malapetaka kepada diri kita sendiri, seperti penggundulan hutan yang dapat menimbulkan banjir, atau pantai yang banyak sampah akan tercemar padahal seharusnya dapat menjadi daya tarik wisata yang cantik karena kebersihannya,” pungkasnya. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

37 menit ago

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

2 jam ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

4 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

4 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

7 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

14 jam ago