PASBISNIS

Salapak, Upaya Kembalikan Daya Saing UMKM Pasca Pandemi

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pasca pandemi Covid-19, Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandung berusaha mengembalikan daya saing UMKM di Kota Bandung dengan beberapa program unggulan. Salah satunya adalah Salapak (Sarana Layanan Pemasaran UMKM), yang lokasinya terletak di Jl. Ir. Djuanda.

Menurut Sekretaris Dinas Koprasi dan UMKM Kota Bandung. Iwan Rusmawan, Salapak ini berfungsi untuk membantu pelaku UMKM baru atau yang sudah hampir gulung tikar, terutama yang terdampak Covid-19.

“Jadi, ini merupakan tempat di mana pelaku UMKM memperkenalkan dan bisa menjual produknya kepada masyarakat,” ujar Iwan kepada wartawan Senin (25/7/2022).

Iwan mengatakan, UMKM yang bisa bergabung di Salapak ini, merupakan UMKM binaan Dinas Koperasi dan KUKM. Produk yang mereka hasilkan akan dikurasi dan boleh diperejual belikan di program tersebut.

“Produk yang tersedia di Salapak ini, di antaranya produk fashion, craft dan kuliner. Meski yang menjadi primadona tetap produk kuliner,” terangnya.

Untuk para pelaku UMKM yang ingin menajdi binaan Dinas Koprasi dan KUKM, tentunya ada beberapaa persyaratannya. Yang jelas menurut Iwan harus memiliki produk yang sudah mendapatkan PIRT dan mempunya NIB.

“Semuanya bisa diurus secara gratis. Jika kesulitan untuk mengurus perizinan bisa datang ke mall pelayanan publik yang terletak di Jl. Cianjur,” jelasnya.

Selain itu, untuk pelaku UMKM yang ingin menajdi binaan Dinas Koperasi dan UMKM, juga harus mengisi link sirkuit system informasi kewirausahaan. Nantinya akan dipersilahkan mengakses barcode yang terdapat di security Kantor Dinas Koperasi dan KUKM yang terletak di Jl. Kawaluyaan No. 2, Bandung.

“Setelah mengakses barcode, nanti akan keluar persyaratan lebih lanjut yang harus disiapkan jika ingin menjadi binaan kami,” ujarnya.

Fasilitas Setelah Menjadi Binaan Dinas

Setelah menjadi binaan dinas, Iwan mengatakan pelaku UMKM bisa mendapatkan beberapa fasilitas, di antaranya, pelatihan dan bisa mengikuti pameran serta diikutsertkan dalam beberapa program lainnnya.

Iwan menegaskan, pihaknya juga menggandeng pihak lain dalam membantu berkembangnya UMKM. Di antaranya Kerjasama dengan pegadaian Kanwil 10 Pegadaian Bandung. Di mana mereka memberkan bantuan berupa barang-baang yang dibutuhkan oleh pelaku UMKM.

“Jadi kalau ada pelaku UMKM yang membutuhkan peralatan, seperti blender atau semacamnya, akan dibantu,” terangnya.

Nantinya, para pelaku UMKM juga akan difasilitasi untuk mengikuti pameran di kantor cabang pegadaian di bawah Kanwil 10 Pegadaian Bandung.

“Nah nantinya, jika para pelaku UMKM membutuhkan pendanaan, maka bisa menggadaikan emas tersebut,” tambahnya.

Ke depan, Iwan mengatakan pihaknya juga memiliki program Selasa Belanja Lokal (Seblak). Nantinya setiap hari Selasa ASN di lingkungan Pemkot Bandung diimbau berbelanja produk lokal terutama yang tersedia di Salapak.

“Ini hanya embrio, di mana nantinya di harapkan seluruh warga Kota Bandung mau berbelanja di Kota Bandung. Mau menggunakan produk lokal, bukan saja yang tersedia di Salapak, namun semua produk lokal yang ada di Kota Bandung,” tuturnya. (put)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Foto BRI Liga 1 Persib Bandung Vs Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Absennya bobotoh di Stadion Si Jalak Harupat tidak memengaruhi kinerja Persib Bandung.…

29 menit ago

Jay Idzes Perkuat Timnas Indonesia saat Lawan Jepang

WWW.PASJABAR.COM -- Jay Idzes dipastikan bisa memperkuat Timnas Indonesia saat menghadapi Jepang dalam lanjutan Kualifikasi…

1 jam ago

Persaingan Group C yang Semakin Ketat dan Penuh Intrik

WWW.PASJABAR.COM -- Persaingan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 khusus Grup C Zona Asia sangat…

2 jam ago

Edo dan Ciro Bawa Persib Menang 2-0 atas Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung akhirnya kembali merasakna kemenangan. Dua gol kemenangan Persib dicetak masing-masing…

3 jam ago

AFC Tanggapi BFA yang Menolak Bermain di Indonesia

WWW.PASJABAR.COM -- AFC atau Konfederasi Sepak Bola Asia telah merespon permohonan Asosiasi Sepak Bola Bahrain…

4 jam ago

Raker Paguyuban Pasundan, Transformasi Paguyuban Pasundan Menuju Indonesia Emas 2045

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Besar Paguyuban Pasundan menggelar rapat kerja (Raker) Paguyuban Pasundan bertema Transformasi…

5 jam ago