PASBANDUNG

Bandung Lautan Merah Putih, KNPI Ajak Warga untuk Kibarkan Bendera

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Rayakan kemeriahan Hari Kemerdekaan RI yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mengajak warga Kota Bandung untuk lebih mencintai bangsa dan negara dengan cara menjadikan Kota Bandung lautan merah putih.

“Jadi hari ini (Selasa 2/7/2022, red) kami jadikan kick of Bandung lautan merah putih,” ujar Ketua KNPI Kota Bandung Edwin Khadafi, kepada wartawan.

Edwin mengatakan hal ini lantaran Kota Bandung mempunyai catatan sejarah mempertahankan bangsa dan negara dalam peristiwa Bandung Lautan Api.

“Kami berharap dengan momentum ini jadi ajang untuk memperlihatkan kinerja nyata warga. Khususnya pemuda Kota Bandung dalam mempertahankan dan menghargai kemerdekaan,” katanya.

Menurut Edwin, Bandung lautan merah putih merupakan aksi nyata. Pihaknya mengimbau 122 OKP di bawah naungan KNPI Kota Bandung, agar semua anggotanya bukan hanya mengibarkan bendera merah putih tapi juga melakukan monitoring.

“Jadi, nanti kita melakukan monitoring, untuk mencari barangkali ada warga Kota Bandung yang tidak atau belum mengibarkan bendera saat peringatan hari kemerdekaan,” jelasnya.

Nantinya, sambung Edwin, pihaknya akan membagikan bendera kepada warga yang memang tidak memiliki. Supaya mereka bisa mengibarkan bendera di rumahnya.

Dandim 0618 Apresiasi Gerakan Bandung Lautan Merah Putih

Menyambut hal ini, Dandim 0618 Letkol Inf Donny Ismauli Bainuri mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi Gerakan ini. Bahkan sebagai bentuk dukungan atas kegiatan ini, Donny mengaku menyiapkan sekitar 150 bendera per kecamatan yang akan dibagikan kepada masyarakat.

“Sasarannya adalah warga di pemkiman padat penduduk. Kita akan bantu monitoring, mana saja yang tidak mengibarkan bendera,” katanya.

Doni berharap kegiatan ini tidak hanya terjadi di Bulan Agustus. Namun berkesinambungan.

“Kegiatan ini sangat positif jadi sangat baik jika bisa berkesinambungan tidak hanya pada bulan Agustus ini,” tambahnya.

Ditemui di tempat yang sama Kasat Binmas Polrestabes bandung AKBP Sutorih mengatakan Aparat Kepolisian menerjunkan 151 kekuatan Babinkamtibnas yang akan bekerja sama dengan lurah dan Babinsa.

“Yang jeals kami akan dukung program ini, dengan cara menurunkan Babinkamtibnas untuk bekerja sama dengan lurah dan Babinsa,” terangnya.

Sutorih mengatakan, memang masih banyak sekarang warga Kota Bandung yang belum memiliki kesadaran untuk mengibarkan bendera merah putih pada peringatan hari kemerdekaan. Sebagai satu bentuk rasa kebangsaan dan cinta tanah air.

“Untuk itu, kita akan kembali membangun kesadaran di tengah-tengah masyarakat agar mereka lebih memiliki rasa cinta tanah air,” jelasnya.

Sutorih menilai kegiatan yang digelar KNPI ini merupakan kegiatan kreatif yang patut ditiru dan didukung. (put)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Cawagub Ilham Habibie Blusukan di Cimahi

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ilham Habibie blusukan menemui masyarakat Kota Cimahi,…

12 detik ago

Raih Kemenangan, Persib Bandung Pantang Besar Kepala

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung kembali raih kemenangan. Persebaya Surabya pun jadi korbannya setelah dilumat…

14 menit ago

Sempat Terkapar, Begini Kondisi Terkini Tyronne del Pino

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino jadi salah satu pusat perhatian di laga Persib Bandung…

30 menit ago

Bojan Hodak Bongkar Kunci Persib Kalahkan Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung mendulang kemenangan atas Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2024/2025.…

60 menit ago

Foto BRI Liga 1 Persib Bandung Vs Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Absennya bobotoh di Stadion Si Jalak Harupat tidak memengaruhi kinerja Persib Bandung.…

3 jam ago

Jay Idzes Perkuat Timnas Indonesia saat Lawan Jepang

WWW.PASJABAR.COM -- Jay Idzes dipastikan bisa memperkuat Timnas Indonesia saat menghadapi Jepang dalam lanjutan Kualifikasi…

3 jam ago