PASBANDUNG

Buka Pesona 1 di UIN Bandung, Ini Pesan Menteri Agama

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Bunyi angklung yang dimainkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia Yakut Cholil Qoumas, Gubernur Jawa Barat Ridwan kamil, Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana, dan Rektor UIN Sunang Gunung Djati Bandung Prof Mahmud, menandai telah dibukanya Pekan Seni dan Olahraga Nasional (Pesona 1) 2022 di UIN Bandung pada Selasa malam, (9/8/22).

Ajang Pesona 1 baru pertama kalinya digelar secara nasional, dengan cara hybrid, yaitu luring dan daring. Dalam lomba Pesona 1 ini ada 22 cabang lomba yang diperlombakan, terdiri dari 12 cabang lomba seni dan 10 cabang di bidang olahraga.

Lomba pesona 1 diikuti oleh 61 perguruan tinggi keagamaan negeri, 58 perguruan tinggi keagamaan Islam negeri dan 3 non perguruan tinggi keagamaan Islam negeri.

Dalam sambutannya Menteri Agama Republik Indonesia mengatakan bahwa olahraga serta seni tidak bisa dipisahkan dari agama. Sehingga dirinya meminta agar kegiatan ini jangan sampai berhenti terlebih lagi sudah ada piala bergilirnya.

“Jadi sudah benar kalau UIN menjadi tuan rumah lebih. Benar lagi kalau Kementerian Agama menyelenggarakan peralatan pertandingan seni dan olahraga,” kata Menteri Agama RI dalam sambutannya.

“Olahraga agama dan Tuhan itu merupakan satu tarikan nafas yang tidak bisa dipisahkan,” imbuhnya.

Pada pembukaan Pesona 1 dihadiri juga oleh para Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan se-Indonesia. Tidak hanya perguruan tinggi kegamaan negeri islam, namun juga dari perguruan tinggi negeri non islam.

Lomba ini mengusung tema “spirit of harmony” dengan harapan para mahasiswa dari perguruan tinggi ke agama islam negeri mampu menyumbangkan atlet-atlet nasional baik untuk ajang nasional maupun ajang olahraga internasional. (fal)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Paul Munster Kecewa Usai Dikalahkan Persib

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lawatan Persebaya Surabaya ke Bandung berakhir sia-sia. Pelatih Persebaya Paul Munster pun…

5 jam ago

Cawagub Ilham Habibie Blusukan di Cimahi

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ilham Habibie blusukan menemui masyarakat Kota Cimahi,…

6 jam ago

Raih Kemenangan, Persib Bandung Pantang Besar Kepala

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung kembali raih kemenangan. Persebaya Surabya pun jadi korbannya setelah dilumat…

6 jam ago

Sempat Terkapar, Begini Kondisi Terkini Tyronne del Pino

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino jadi salah satu pusat perhatian di laga Persib Bandung…

6 jam ago

Bojan Hodak Bongkar Kunci Persib Kalahkan Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung mendulang kemenangan atas Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2024/2025.…

7 jam ago

Foto BRI Liga 1 Persib Bandung Vs Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Absennya bobotoh di Stadion Si Jalak Harupat tidak memengaruhi kinerja Persib Bandung.…

8 jam ago