PASBANDUNG

Jawa Barat jadi Tuan Rumah Pekan Seni dan Olahraga Nasional I

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Jawa Barat menjadi tuan rumah edisi perdana Kirab Nusantara Pekan Seni dan Olahraga Nasional (Pesona) Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri se-Indonesia.

Sebanyak 3.500 mahasiswa dari 68 perguruan tinggi agama adu jago dalam bidang seni dan olahraga di Kampus II UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 9-13 Agustus 2022.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyaksikan pembukaan Pesona pada Selasa (9/8/2022) malam. Hadir Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Kapolda Jabar Irjen Suntana, Dirjen Pendidikan Islam Prof Ali Ramdani, jajaran pejabat Kemenag, Rektor UIN SGD Bandung Prof Mahmud dan rektor PTKN se-Indonesia.

Ridwan Kamil mengatakan Pekan Seni dan Olahraga Nasional bisa menjadi wajah Indonesia yang Bhineka Tunggal Ika. Karena diikuti ribuan mahasiswa dengan  berbagai latar belakang budaya dan agama.

“Jadi, inilah wajah Indonesia sesungguhnya. Menampilkan keilmuan, menampilkan fisik yang paripurna, serta ekspresi seni yang Allah berikan kita daya imajinasi,” kata Ridwan Kamil.

“Dengan agama hidup terarah, dengan ilmu hidup lebih mudah, dengan budaya hidup lebih meriah, dengan olahraga hidup lebih gagah, dengan bekerja hidup lebih berfaedah,” sambungnya.

Pemprov Jabar berkomitmen untuk terus menguatkan keilmuan. Salah satunya dengan menyiapkan lahan 10 hektare di Kabupaten Sumedang yang akan menjadi lokasi Madrasah Insan Cendekia di bawah naungan Kemenag RI.

“Saya siapkan 10 hektare untuk kampusnya, saya desain sendiri kampusnya, kita buktikan menjadi kampus yang tercanggih dengan arsitekturnya,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut Pesona adalah ajang kompetisi yang menyandingkan olahraga dengan agama yang memang tidak bisa dipisahkan.

“Olahraga, agama, dan tuhan itu tarikan napas yang tidak bisa dipisahkan,” sebut Yaqut. “Apalagi Allah SWT mencintai keindahan,” katanya. (*/ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Cawagub Ilham Habibie Blusukan di Cimahi

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ilham Habibie blusukan menemui masyarakat Kota Cimahi,…

1 menit ago

Raih Kemenangan, Persib Bandung Pantang Besar Kepala

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung kembali raih kemenangan. Persebaya Surabya pun jadi korbannya setelah dilumat…

16 menit ago

Sempat Terkapar, Begini Kondisi Terkini Tyronne del Pino

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino jadi salah satu pusat perhatian di laga Persib Bandung…

31 menit ago

Bojan Hodak Bongkar Kunci Persib Kalahkan Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung mendulang kemenangan atas Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2024/2025.…

1 jam ago

Foto BRI Liga 1 Persib Bandung Vs Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Absennya bobotoh di Stadion Si Jalak Harupat tidak memengaruhi kinerja Persib Bandung.…

3 jam ago

Jay Idzes Perkuat Timnas Indonesia saat Lawan Jepang

WWW.PASJABAR.COM -- Jay Idzes dipastikan bisa memperkuat Timnas Indonesia saat menghadapi Jepang dalam lanjutan Kualifikasi…

4 jam ago