PASBANDUNG

Pemkot Bandung Dinilai Masih Kurang Dalam Pemenuhan Hak Anak

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Ketua Komisi D DPRD kota Bandung Aries Supriatna menilai, upaya Pemkot Bandung dalam memenuhi hak-hak anak masih kurang.

“Salah satunya terkait isu stunting. Di mana anak-anak di Kota Bandung masih banyak yang menderita stunting,” ujar Aries kepada wartawan, Rabu (10/8/2022).

Selain itu, Aries menilai banyak juga kekerasan yang menimpa anak-anak di Kota Bandung. Salah satunya, anak-anak masih dilibatkan orang tua untuk mencari nafkah.

“Masih banyak kita lihat anak dibawa mengemis atau disuruh berjualan di perempatan. Itu kan juga salah satu bentuk kekerasan,” jelas Aries.

Hal lain yang disoroti Aries terkait masih kurangnya pemenuhan Pemkot Bandung terhadap kebutuhan dan hak anak di bidang pendidikan.

Hal ini diakui Istri Wali Kota Bandung yang juga merupakan Bunda PAUD, Yunimar Yana Mulyana. Dia mengatakan masih ada kekerasan yang menimpa anak di Kota Bandung

“Kami akui dari tahun ke tahun jumlah kekerasan pada anak di Kota Bandung meningkat,” tegasnya.

Menurutnya, hal ini salah satunya diakibatkan Pandemi Covid-19. “Pandemi Covid-19 ini kan memukul semua sektor kehidupan. Sehingga dampaknya dirasakan juga oleh anak-anak,” tuturnya.

Yunimar menjelaskan, ketika Pandemi banyak orang tua yang dirumahkan atau di PHK. Sehingga mereka merasa stres dan berdampak pada anak. Meski demikian, banyak masyarakat yang lapor jika ada kekerasan terjadi.

“Yang lapornya, bisa dari keluarga yang bersangkutan atau dari tetangga. Pada prinsipnya, sudah ada kesadaran dari warga untuk lapor jika terjadi kekerasan terhadap anak,” bebernya.

“Meski memang masih ada beberapa kekurangan kami dalam memberikan pelayanan maksimal kepada anak-anak di Kota Bandung. Namun kami tetap berupaya untuk memenuhinya. Semua disesuaikan dengan kemampuan anggaran,” tambahnya.

Kepada orang tua yang memiliki anak-anak, ia mengajak untuk menyiapkan anak-anak tangguh demi generasi masa depan.

“Orang tua harus memberikan kasih sayang agar tumbuh jadi anak yang baik. Sehingga bisa mencetak generasi emas dan unggul 2045. Hal tersebut harus dimulai dari sekarang,” pungkasnya. (put)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Paul Munster Kecewa Usai Dikalahkan Persib

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lawatan Persebaya Surabaya ke Bandung berakhir sia-sia. Pelatih Persebaya Paul Munster pun…

4 jam ago

Cawagub Ilham Habibie Blusukan di Cimahi

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ilham Habibie blusukan menemui masyarakat Kota Cimahi,…

4 jam ago

Raih Kemenangan, Persib Bandung Pantang Besar Kepala

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung kembali raih kemenangan. Persebaya Surabya pun jadi korbannya setelah dilumat…

4 jam ago

Sempat Terkapar, Begini Kondisi Terkini Tyronne del Pino

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino jadi salah satu pusat perhatian di laga Persib Bandung…

4 jam ago

Bojan Hodak Bongkar Kunci Persib Kalahkan Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung mendulang kemenangan atas Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2024/2025.…

5 jam ago

Foto BRI Liga 1 Persib Bandung Vs Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Absennya bobotoh di Stadion Si Jalak Harupat tidak memengaruhi kinerja Persib Bandung.…

6 jam ago