PASPENDIDIKAN

Beri Legalitas Pelaku UMK, Kementerian Investasi Kerja Sama dengan ILUNI UI

ADVERTISEMENT

JAKARTA, WWW.PASJABAR.COM – Deputi Kerjasama Penanaman Modal Riyatno menyatakan Kementerian Investasi/BKPM telah menjalin kerja sama dengan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) untuk membantu memberikan legalitas kepada pelaku usaha, khususnya pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK).

“Dengan adanya target Presiden Joko Widodo kepada Kementerian Investasi/BKPM untuk dapat memfasilitasi sebanyak-banyaknya pelaku usaha yang mendapatkan NIB. Maka kami bekerja sama dengan berbagai pihak,” katanya

“Kerja sama dengan ILUNI UI ini diharapkan dapat mendekatkan kami dengan para alumni yang memiliki kegiatan usaha agar dapat memfasilitasi perizinannya,” sambungnya.

Diketahui, Kementerian Investasi/BKPM merupakan lembaga pengelola sistem Online Single Submission (OSS), sesuai amanat Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU CK) dan aturan turunannya yaitu Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko.

Oleh karena itu, Kementerian Investasi memandang pentingnya bersinergi dengan berbagai pihak seperti kementerian/lembaga, dunia usaha. Termasuk juga dengan wadah alumni universitas dalam rangka percepatan implementasi reformasi perizinan berusaha.

Sinergi itu juga dimaksudkan agar pemerintah dapat lebih efektif dalam mendiseminasikan kebijakan. Serta melakukan evaluasi atas pelaksanaan perizinan usaha berbasis risiko.

Dilansir dari ANTARA, Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian menyampaikan selama ini ILUNI UI sudah cukup banyak membantu pemerintah dalam meningkatkan inovasi dan kebijakan investasi seperti menyelenggarakan diskusi terkait investasi dan ekonomi.

“Sebelumnya, kami telah menyelenggarakan kegiatan pembagian NIB untuk pedagang kantin di seluruh UI. Ke depan, mudah-mudahan akan semakin banyak kegiatan yang bisa dikerjasamakan,” ungkapnya.

Andre mengatakan ada sekitar 120.000 alumni UI yang terdaftar lewat UI Connect. Jumlah tersebut dari total 450 ribu alumni, yang berasal dari 18 fakultas dan vokasi.

“Dengan latar belakang dari fakultas yang berbeda-beda, kami harap ILUNI UI dapat berkontribusi dalam memperkaya kebijakan investasi dan meningkatkan peran dalam membuat UMKM naik kelas. Kami siap mendukung Kementerian Investasi/BKPM,” ujar Andre.

Ruang Lingkup Nota Kesepahaman

Ada pun ruang lingkup nota kesepahaman yang ditandatangani kedua pihak mencakup diseminasi informasi perizinan berusaha dan kebijakan di bidang investasi, dukungan pengembangan inovasi kebijakan investasi, dukungan peningkatan skala usaha, fasilitasi perizinan berusaha bagi pelaku UMKM, fasilitasi penyelesaian hambatan berusaha bagi pelaku UMKM, pendidikan dan Pelatihan, dan kegiatan lain yang disepakati oleh para pihak. (*/ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

8 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

9 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

10 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

11 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

11 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

11 jam ago