PASBANDUNG

Festival Keuken Bandung Berpotensi Merambah ke Ajang Internasional

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Festival kuliner asal Bandung yaitu festival Keukeun berpotensi untuk tampil di hadapan negara-negara lain. Hal itu dikatakan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Maka dari itu Sandiaga Uno mendorong festival Keukeun Bandung, untuk merambah ke ajang internasional. Menurutnya, hal itu bakal menggeliatkan perekonomian karena bisa meningkatkan lapangan kerja.

“Akhirnya ini kalau kurasi event dengan baik event ini bukan hanya nasional, tapi juga bisa jadi event internasional,” kata Sandiaga Uno saat meninjau Festival Keuken 2022 di Kiara Artha Park, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (28/8/2022) kemarin.

Dilansir dari ANTARA, Menparekraf menyebut Indonesia bakal menghadapi sejumlah gelaran internasional seperti Presidensi G20, Asean Summit, dan Forum Travel Exchange (Travex).

Namun, jika untuk G20, kebutuhan waktu yang harus dipersiapkan terlalu sebentar. Sehingga, lanjut dia, dua forum internasional lainnya itu yang bakal menjadi sasaran untuk membawa festival kuliner asal Bandung.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sempat mencoba demo memasak di festival tersebut. Selain itu, ia pun mencoba sejumlah kuliner yang dihadirkan.

Salah satu kuliner yang dicoba yakni produk dessert berbahan coklat bernama Chocloud By Nadi. Produk itu, kata Sandiaga, tak kalah lezat dengan produk coklat yang biasa diimpor.

“Ada chocloud, karena kita biasa mengekspor kakao dan mengimpor produk jadinya, tapi di sini enak banget,”ujarnya.

Sementara itu, Penggagas Festival Keuken Meizan Diandra mengatakan festival yang telah digelar sejak 2011 itu membawa misi mengenalkan keragaman Indonesia melalui kuliner. Pasalnya, kata dia, adanya perbedaan budaya Indonesia justru melahirkan ribuan cita rasa yang berasal dari bahan baku lokal.

Pada Keuken 2022 ini, terdapat sebanyak 48 jenama makanan lokal populer. Selanjutnya, festival kuliner itu bakal digelar di Jakarta pada Desember 2022 dan di Solo pada Maret 2023. (ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Persaingan Group C yang Semakin Ketat dan Penuh Intrik

WWW.PASJABAR.COM -- Persaingan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 khusus Grup C Zona Asia sangat…

28 menit ago

Edo dan Ciro Bawa Persib Menang 2-0 atas Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung akhirnya kembali merasakna kemenangan. Dua gol kemenangan Persib dicetak masing-masing…

1 jam ago

AFC Tanggapi BFA yang Menolak Bermain di Indonesia

WWW.PASJABAR.COM -- AFC atau Konfederasi Sepak Bola Asia telah merespon permohonan Asosiasi Sepak Bola Bahrain…

2 jam ago

Raker Paguyuban Pasundan, Transformasi Paguyuban Pasundan Menuju Indonesia Emas 2045

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Besar Paguyuban Pasundan menggelar rapat kerja (Raker) Paguyuban Pasundan bertema Transformasi…

3 jam ago

Satu Tahun Beroperasi, Kereta Cepat Whoosh Angkut 5,8 Juta Penumpang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat pencapaian signifikan dengan mengangkut 5,8…

3 jam ago

Belantara Foundation dan Jepang Tanam Bibit Pohon Langka di Riau

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Belantara Foundation bersama mitra dari sektor swasta Jepang melaksanakan penanaman bibit pohon…

4 jam ago