PASBANDUNG

Cuaca Kota Bandung Diprakirakan Akan Diguyur Hujan

ADVERTISEMENT

Jakarta, WWW.PASJABAR.COM – Kota Bandung akan diprakirakan turun hujan pada Selasa siang dan malam hari. Hal ini disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Dilansir dari Antara News, menurut siaran prakiraan cuaca BMKG, pada siang hari hujan ringan berpeluang turun di Kota Gorontalo, Bandung, Banjarmasin, Palangka Raya, Samarinda, Tarakan, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Ambon, Jayapura, Mamuju, dan Makassar.

Kota Kendari, Manado, dan Medan diprakirakan mengalami hujan dengan intensitas sedang. Kota Pontianak menghadapi potensi hujan yang dapat disertai petir pada siang hari.

Menurut prakiraan BMKG, pada siang hari cuaca Kota Denpasar, Serang, Jakarta, Semarang, Surabaya, Kupang, Pekanbaru, dan Padang cerah berawan. Sementara Kota Banda Aceh, Bengkulu, Yogyakarta, Jambi, Ternate, Mataram, Manokwari, dan Palembang berawan.

Hujan Dengan Intensitas Ringan Pada Malam Hari

Malam harinya, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan turun di Kota Jakarta, Gorontalo, Banjarmasin, Samarinda, Ternate, Kendari, dan Palembang.

Hujan dengan intensitas sedang berpeluang turun di Kota Palangka Raya, hujan disertai petir diprakirakan terjadi di Kota Mamuju, dan hujan lebat berpeluang mengguyur Kota Medan.

Cuaca Kota Banda Aceh, Denpasar, Jambi, Surabaya, Pontianak, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Mataram, Kupang dan Padang pada malam hari diprakirakan cerah berawan.

Kota Serang, Bengkulu, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Tarakan, Ambon, Jayapura, Manokwari, Pekanbaru, Makassar, dan Manado menurut prakiraan berawan pada malam hari.

Sebelumnya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut potensi bencana hidrometeorologi meningkat pada bulan Juli hingga September 2022.

“Potensi bencana juga semakin meningkat pada periode Juli, Agustus dan mungkin awal September nanti kita akan ada pergeseran, di mana pada waktu yang bersamaan kita akan mengalami baik itu hidrometeorologi basah, banjir banjir bandang tanah longsor, sekaligus juga hidrometeorologi kering, kebakaran hutan dan kekeringan,” ujar Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam disaster briefing daring diikuti di Jakarta, Senin.

Potensi tersebut, kata Abdul, sudah mulai terlihat dari dari data BNPB pada 18-24 Juli 2022.

Dia menjelaskan jika di minggu sebelumnya frekuensi banjir masih lebih besar daripada kebakaran hutan kekeringan, justru di minggu ini mulai bergeser dengan frekuensi kejadian kebakaran hutan lebih sering daripada banjir.

Masyarakat diminta tetap siaga dan waspada di daerah-daerah yang rawan kebakaran hutan, juga pada daerah-daerah yang rawan banjir.

BNPB secara frekuentatif atau secara berkala mengirimkan pesan-pesan kesiapsiagaan peringatan dini dan upaya-upaya mitigasi yang harus dilakukan kepada pemerintah daerah.

Namun Abdul mengatakan hal yang paling penting sebenarnya adalah kesiapsiagaan masyarakat. Misalnya pada masyarakat yang berada di sepanjang aliran sungai, atau masyarakat yang bertempat tinggal di daerah-daerah yang dekat dengan tebing dengan kecuraman yang tinggi. (Nis)

Nissa Ratna

Recent Posts

Polres Cimahi Ringkus Lima Begal Sadis di Cianjur dan Padalarang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Satreskrim Polres Cimahi berhasil menangkap lima pelaku begal yang meresahkan masyarakat di…

6 jam ago

Dadang Supriatna-Ali Syakieb Resmi Dapat Nomor 2, Siap Bangun Bandung Lebih Bedas

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Dadang Supriatna-Ali Syakieb (Bedas) mendapat…

7 jam ago

Kabinet Ala Koalisi Gemoy

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Setelah…

8 jam ago

Sumur Bor Wakaf Salman di NTT Sukses Hadirkan Solusi Air Bersih

MANGGARAI BARAT, WWW.PASJABAR.COM--Wakaf Salman meresmikan Wakaf Air Sumur Bor di Kampung Tondong Bilas, Kecamatan Mbeliling,…

8 jam ago

Rayakan HUT ke-79, Lanud Husein Gelar Bakti Kesehatan dan Sembako Gratis

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Lanud…

9 jam ago

Gol Dimas dan Ryan Bantu Persib Kandaskan Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Persib Bandung menang dengan skor 2-0 atas Persija Jakarta di Stadion  Si…

9 jam ago