PASKESEHATAN

MasyaAllah, Ternyata Sholat Tahajud Baik Untuk Kesehatan

ADVERTISEMENT

Bandung, WWW.PASJABAR.COM – Sholat tahajud adalah sholat yang dilakukan disepertiga malam, masih banyak orang yang jarang untuk melakukan ibadah ini. Padahal Sholat tahajud dapat memberikan manfaat dari segi Kesehatan fisik maupun rohani loh!

Perintah Sholat Tahajud Dalam Al-Qur’an

Perintah Sholat tahajud dalam perspektif Islam dijelaskan pada surat Quran Al-Isra Ayat 79 yang berbunyi: “Dan pada sebagian malam hari bersalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ketempat yang terpuji.” (QS Al-Isra’: 79)

Pada sepertiga malam terakhir ini pula, Allah SWT berjanji akan mengabulkan doa yang dipanjatkan oleh hamba-Nya.

Tata cara sholat Tahajud sebenarnya sama dengan sholat pada umumnya. Hanya saja, dalam tata cara sholat Tahajud ini dibutuhkan kesungguhan.

Masalahnya, sholat Tahajud dikerjakan pada waktu malam hari. Sementara sebagian dari kita mungkin susah untuk bangun dan melaksanakan sholat Tahajud.

Manfaat sholat Tahajud ini bahkan banyak diungkapkan dalam Alquran dan hadis. Melihat begitu dahsyatnya manfaat sholat Tahajud tersebut, maka sudah seharusnya umat Islam mempelajari tata cara sholat Tahajud ini.

Selain itu, Rasulullah SAW tak pernah meninggalkannya karena beliau tahu manfaat sholat Tahajud yang sangat dahsyat dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa manfaat sholat Tahajud bagi umat Islam ini di antaranya adalah mengabulkan doa-doa dan pembuka pintu rejeki. Tidak itu saja, manfaat sholat Tahajud ini juga untuk kesehatan tubuh.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah 9 manfaat dahsyat sholat Tahajud bagi kesehatan yang jarang diketahui umat Islam.

9 Manfaat Dahsyat Sholat Tahajud bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui Umat Islam

  1. Mengontrol Emosi Manfaat sholat Tahajud berikutnya adalah untuk mengontrol emosi. Kortisol yang tidak menurun dapat merangsang depresi yang berlebihan. Maka dianjurkan untuk sholat Tahajud. Karena di waktu inilah kortisol akan menurun sehingga seseorang menjadi lebih tenang. Ketenangan tersebut tidak akan membuat seseorang mudah stres dan tidak tertekan dengan segala permasalahan yang dapat mengganggu kesehatan.
  1. Tahajud akan menghindarkan penyakit punggung yang biasanya dialami pada usia menjelang atau sudah tua.
  2. Pada umumnya jika seseorang sakit paru-paru akan menghindari dingin dalam arti menghindari bangun malam apalagi ketika di musim hujan. Namun, sebenarnya salat Tahajud akan mencegah tubuh dari penyakit paru-paru basah. Hal ini terjadi karena ketika tidur terlalu lama apalagi dalam keadaan terlentang, maka kelebihan uap air dan paru-paru yang berada di bagian tubuh akan tertindih oleh tubuh itu sendiri. Hal inilah akan menyebabkan salurannya tersumbat dan paru-paru akan lembab.
  3. Tahajud merupakan suatu cara untuk mempertahankan kestabilan hormon melatonin. Hormon inilah yang membentuk sistem kekebalan pada tubuh. Selain itu, hormone ini pula yang akan menghambat pertumbuhan gerak pemicu tumor dalam tubuh seperti estrogen.
  4. Manfaat sholat Tahajud bagi kesehatan berikutnya adalah mencegah pembengkakan jantung dan gagal ginjal. Sholat Tahajud dianjurkan bagi yang menderita pembengkakan jantung dan gagal ginjal. Seperti diabetes, sholat Tahajud dapat mengurangi kortisol. Ketika kortisol ini berkurang, maka tidak akan terjadi pembengkakan jantung, dan pembuangan urine pun akan semakin mudah.

Tahajud Sebagai Kemoterapi

6. Manfaat sholat Tahajud selanjuntnya adalah sebagai kemoterapi kanker yang tidak memiliki efek samping. Menderita kanker tentu bukanlah hal yang diharapkan oleh semua orang. Tetapi, bagi yang mengidap penyakit kanker harus menjalani serangkaian pengobatan kemoterapi. Nah, manfaat sholat Tahajud salah satunya adalah sebagai kemoterapi penyakit kanker

7. Manfaat sholat Tahajud juga penting bagi otak manusia. Pada waktu sepertiga malam otak manusia akan melepaskan serotonin, beta endorsin, dan melatonin. Lepasnya ketiga zat tersebut akan membuat seseorang merasa lebih tenang sampai homeostasis terbangun. Namun, apabila homeostasis terganggu, orang tersebut akan mudah mengalami pusing dan bisa mengakibatkan hipertensi, hipotensi, tekanan darah rendah. Untuk itu, Sholat Tahajud dapat dijalani dengan kondisi senyaman mungkin. Tidak hanya itu saja, keseimbangan tubuh juga akan lebih terbangun dan membuat peluang hipertensi maupun hipotensi menurun.

8. Manfaat sholat Tahajud bagi kesehatan berikutnya adalah terhindar dari infeksi pernapasan. Sholat Tahajud baik untuk pernapasan. Karena sholat Tahajud menjadi terapi yang sangat baik untuk menyembuhkan dan mencegah infeksi pernapasan.

9. Manfaat sholat Tahajud bagi kesehatan selanjuntnya adalah melancarkan aliran darah dalam tubuh. Seperti diketahui bahwa sholat Tahajud dilakukan pada 1/3 malam yaitu sekitar pukul 3 pagi. Pada waktu tersebut, udara belum tercemar yang dapat menyehatkan paru-paru, melancarkan peredaran darah, serta menyehatkan tubuh. Selain itu, dengan mengerjakan sholat Tahajud sama saja dengan senam di pagi hari. Di saat itu seluruh otot tubuh bergerak sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

Itulah beberapa manfaat dan keutamaan yang bisa kamu dapatkan dari salat tahajud.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu. (Nis)

 

Nissa Ratna

Recent Posts

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

3 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

9 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

11 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

12 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

12 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

12 jam ago