Uncategorized

Sholat Dhuha, Ibadah Dengan Berbagai Keutamaan

ADVERTISEMENT

Bandung, WWW.PASJABAR.COM – Sholat Dhuha merupakan ibadah sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Sebab terdapat keutamaan dan manfaat ibadah sholat Dhuha yang begitu besar.

Berdasarkan hadist riwayat Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah, “Kekasihku Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam mewasiatkan kepadaku dengan tiga perkara. (1) puasa tiga hari dari setiap bulan, (2) dua rakaat sholat Dhuha, dan (3) agar aku sholat witir sebelum tidur.”

Ada berbagai macam keutaman yang akan kita dapatkan ketika melaksanakan sholat dhuha yang dapat dijadikan penolong selama hidup di dunia. Yuk, simak apa saja keutamaan melaksanakan sholat dhuha di bawah ini.

Keutamaan Sholat Dhuha

  1. Diampuni Segal Dosanya

Manfaat sholat dhuha setiap hari yang pertama adalah diampuni segala dosanya. Berikut sabda Rasulullah SAW.

“Siapa yang membiasakan (menjaga) salat duha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.”(HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

  1. Sebagai Sedekah

Manfaat sholat dhuha setiap hari berikutnya adalah sebagai pahala sedekah. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW, siapapun yang mengerjakan salat duha dianggap telah bersedekah atas seluruh anggota tubuhnya.

  1. Terhindar dari Keburukan

Selanjutnya terhindar dari keburukan juga merupakan bagian dari manfaat sholat dhuha setia hari. . Apabila kamu melakukan dosa, kamu akan mengingat Allah SWT terlebih dahulu dan berpikir ulang untuk melakukan sesuatu. Orang-orang yang menjalankan salat dhuha secara rutin akan dijanjikan oleh pahala dan surga sesuai hadis yang berbunyi :

“Barangsiapa yang shalat dhuha dua rakaat, maka tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakan sebanyak empat rakaat, maka ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barangsiapa yang mengerjakan sebanyak enam rakaat, maka diselamatkan di hari itu. Barang siapa yang mengerjakan sebanyak delapan rakaat, maka Allah tulis sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakan sebanyak dua belas rakaat, Allah akan membangun surga untuknya.”

  1. Tak Dianggap Lalai

Siapapun yang melaksanakan salat duha tak akan dianggap sebagai orang lalai. Maka dari itu, lakukan salat duha agar terlepas dari sifat lengah dan lalai.

Hadis dari keutamaan tersebut sebagai berikut:

“Orang yang mengerjakan salat duha tidak termasuk orang lalai,” (HR. Al-Baihaqi dan An-Nasa’i).

  1. Memiliki Istana Surga

Seseorang yang mengerjakan salat duha secara rutin akan mendapatkan istana megah di surga kelak. Berikut sabdanya:

“Barang siapa salat duha 12 rakaat, Allah akan membuatkan untuknya istana di surga.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Sholat Dhuha Baik Untuk Kesehatan Jantung dan Ginjal

  1. Menyehatkan Jantung dan Ginjal

Manfaat sholat dhuha setiap hari selanjutnya adalah dapat menyehatkan Jantung dan ginjal. Ketika kamu ingin melaksanakan salat dhuha menjelang waktu dzuhur merupakan waktu tepat untuk mengurangi dampak penyakit jantung dan ginjal. Ini disebabkan karena situasi bumi yang berangsur panas pada siang hari. Keadaan bumi tersebut yang mampu mempengaruhi kondisi hati dan sistem pencernaanmu.

  1. Mempermudah Jodoh

Manfaat sholat dhuha setiap hari juga dapat mempermudah kamu dalam urusan menemukan jodoh yang baik dan tepat. Hal ini bahkan benar adanya dalam QS Al-Isra ayat 78. Di mana dalam surat tersebut dijelaskan jika waktu salat dhuha merupakan jam yang paling ijabah untuk memanjatkan doa.

Jika kamu menjalankan salat sunnah dhuha, maka saat itu juga para malaikat turun ke bumi yang bertujuan untuk menyaksikan salatnya kaum mukmin. Jadi, apabila kamu berdoa untuk dimudahkan jodoh yang tepat, maka sangat mungkin jika doa kamu dikabulkan oleh Allah SWT. (Nis)

Nissa Ratna

Recent Posts

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

22 menit ago

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

52 menit ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

1 jam ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

2 jam ago

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

2 jam ago

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

3 jam ago