PASBANDUNG

Tarif Air PAM Dilakukan Penyesuaian, Naik Hingga 40 Persen

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Tarif air PAM naik sekitar 35 persen hingga 40 persen. Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirtawening Kota Bandung Sonny Salimi mengatakan hingga saat ini masih ada golongan pelanggan yang mendapatkan subsidi.

“Sebenarnya ini bukan kenaikan tarif air PAM, tapi penyesuaian. Pasalnya, selain memang tarifnya yang dinaikkan, kami memberikan tambahan pelayanan,” ujar Sonny.

Sonny mengatakan, untuk golongan pelanggan 2A, 2B atau rumah sederhana mendapatkan subsidi. Selain itu, yang juga mendapatkan subsidi adalah yang masuk ke dalam golongan sosial.

“Mereka yang mendapatkan subsidi diantaranya mereka yang menggunakan air sebanyak di bawah 10 kubik atau sekitar 10 ribu liter per bulan,” tuturnya.

Khusus untuk subsidi, Sonny mengatakan pihaknya rata-rata menghabiskan anggaran sebanyak Rp7 miliar per tahun.

Sonny mengatakan sudah sekitar 10 tahun tidak melakukan penyesuaian tarif. Sehingga sudah waktunya melakukan penyesuaian tarif.

“Semestinya, penyesuaian tarif dilakukan setiap lima tahun sekali. Sementara ini sudah 10 tahun tidak ada penyesuaian tarif,” terangnya.

Di sisi lain, Perumda Tirtawening juga memberikan pelayanan paripurna. Sebagai pilot project akan diberlakukan di kawasan Bandung Timur yang mengambil air bersih dari SPAM Gedebage.

“Jadi, selain menyediakan saluran air bersih, juga pembuangan air kotor, air minum kemasan dan air Tanki sesuai kebutuhan mereka,” tambahnya.

Menurut Sonny semua fasilitas pelayanan paripurna ini baru bisa dinikmati warga pada 2024 mendatang. Karena instalasi saluran air bersih masih dalam proses.

“Namun kita kan memang harus melakukan sosialisasi dari sekarang,” tegasnya.

Selain itu, menurut Sonny distrik meter area (DMA) baru bisa dibangun jika pendaftaran pelanggan dan pembiayaan sudah diterima 75 persen. (Put)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

BRIN Jelaskan Fenomena ‘Bulan Kembar’: Bukan Bulan Kedua, Hanya Asteroid

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin, menjelaskan fenomena…

22 menit ago

STKIP Pasundan Cimahi Penyumbang Atlet, Medali Terbanyak Jabar Hattrick PON

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – STKIP (Sekolah Tinggi Kependidikan dan Ilmu Pendidikan) Pasundan Cimahi, menjadi kampus penyumbang…

55 menit ago

Bobotoh Persib Kompak Keluarkan Pernyataan Sikap

  BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sejumlah organisasi Bobotoh Persib kompak mengeluarkan pernyataan sikap bersama menyikapi persoalan…

1 jam ago

Mensos Hadiri Wisuda Lulusan Poltekesos: Siap Hadapi Tantangan Sosial

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Menteri Sosial RI, Saifullah Yusuf, hadir dalam wisuda program magister dan sarjana…

2 jam ago

Pameran Otomotif Terbesar, GIIAS Bandung 2024 Siap Digelar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Bandung 2024 akan digelar…

3 jam ago

Mensos Soroti Tantangan Kesejahteraan Sosial untuk Generasi Muda

  BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Menteri Sosial (Mensos) Saifullah Yusuf menyoroti sejumlah tantangan kesejahteraan sosial yang…

4 jam ago