PASBANDUNG

Hujan Lebat Diprakirakan Akan Terjadi di Sejumlah Wilayah Ini

ADVERTISEMENT

JAKARTA, WWW.PASJABAR.COM – Hujan lebat disertai kilat dan angin kencang berpotensi disejumlah wilayah di Indonesia pada Jumat (2/9/2022). Peringatan tersebut diikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui keterangan resminya.

Potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang diperingatkan untuk Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara. Lalu, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara. Kemudian Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Papua, dan Papua Barat.

BMKG mengemukakan sirkulasi siklonik berada di Sulawesi bagian tengah dan di Laut Sulawesi. Kemudian membentuk daerah konvergensi yang memanjang di wilayah Sulawesi bagian tengah, di Laut Sulawesi. Dari Laut Jawa. Hingga Kalimantan Timur. Dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Timur. Sari Maluku hingga Laut Maluku.

Daerah konvergensi lainnya memanjang dari Bengkulu hingga Samudra Hindia barat daya Lampung, di Aceh, di Sumatera bagian tengah dan selatan, di Laut China Selatan. Dari Kalimantan Tengah hingga Laut Sulu, di utara Kalimantan Utara, di Maluku Utara, dari Laut Seram hingga Laut Maluku, dan dari Papua hingga Papua Barat.

Kondisi tersebut menurut BMKG mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut. (ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

6 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

7 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

8 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

8 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

9 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

9 jam ago