PASBANDUNG

Unpas Siap Integrasikan Pusat Karier dan Tracer Study

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Setelah mengintegrasikan data akademik dan non akademik lewat pengembangan SITU 2.0, Universitas Pasundan kini tengah bersiap mengembangkan digitalisasi pusat karier guna mempermudah tracer study.

Unpas berencana menggandeng platform akselerator digital Kinobi Asia yang menyediakan berbagai program kepelatihan untuk mendukung karier mahasiswa.

Kinobi Asia merupakan startup asal Singapura yang bergerak di bidang pengembangan karier.

Platform digitalisasi pusat karier diperlukan untuk membantu mahasiswa dan fresh graduates agar lebih siap memasuki dunia kerja.

Pusat Karir dan Tracer Study Membantu Mahasiswa Siap Terjun Ke Dunia Kerja

Nantinya, platform digitalisasi pusat karier memungkinkan mahasiswa untuk memanfaatkan artificial intelligence (AI), melatih teknik interview, dan membangun keterampilan kerja.

Mahasiswa juga bisa menggunakan fitur software persiapan karier, seperti resume dan cover letter builder, pelatihan interview, portal lowongan kerja yang menjangkau berbagai industri, sub sektor, dan wilayah, hingga coaches (belajar atau sharing secara personal dengan orang-orang yang berhasil masuk ke perusahaan besar).

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. H. Deden Ramdan, M.Si. mengatakan, networking dan tracer study terus menjadi perhatian kampus.

Terlebih, akreditasi prodi dan institusi menuntut tracer study sebagai kewajiban yang mesti dipenuhi sekaligus bentuk pertanggungjawaban kampus terhadap alumni.

“Platform digitalisasi pusat karier akan sangat membantu karena sekarang kita masih terkendala dengan tracer study. Baru beberapa fakultas yang memiliki pusat tracer study. Di fakultas lain tidak ada pusatnya, tapi langkah-langkahnya sudah dilakukan,” tuturnya, Senin (5/9/2022).

Rencana digitalisasi pusat karier akan dikembangkan lebih lanjut mengingat pelaporan tracer study harus terkoneksi dengan Kemendikbudristek dan memperhatikan sejumlah aspek, seperti penyaluran koneksi, lulusan, dan user survey.

“Di satu sisi, kita butuh langkah yang berkelanjutan, tapi di sisi lain kita mesti selaras dengan Kemendikbudristek. Sistem akademik kita sudah mumpuni, mudah-mudahan bisa diintegrasikan dengan portal Kemendikbudristek,” imbuhnya.

Rektorat akan mendiskusikan format yang dibutuhkan bersama pimpinan fakultas, khususnya untuk membantu bidang 3 dalam menumbuhkembangkan unsur-unsur pendukung transformasi tracer study dan alumni.

“Untuk mencapai global university, kita harus jadi bagian dari peradaban dan belajar mengadopsi teknologi, salah satunya melalui digitalisasi pusat karier,” tukasnya. (*/Nis)

Nissa Ratna

Recent Posts

Bojan Hodak: Lupakan Kekalahan, Fokus Hadapi Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pelatih PERSIB, Bojan Hodak, meminta para pemainnya untuk melupakan kekalahan 0-1 dari…

10 jam ago

Laga Sengit PERSIB vs Persija: Suporter Dilarang Masuk

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Setelah menghadapi Port FC di laga pembuka AFC Champions League Two (ACL…

11 jam ago

BMKG: Hujan Normal Menyapa Indonesia pada November Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan…

12 jam ago

Resmi Dilantik jadi Pj Wali Kota Bandung, Inilah Perjalanan Karir A. Koswara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – A. Koswara resmi dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Bandung pada 20 September…

13 jam ago

Produk Fesyen Ulos Diserbu Atlet di PON Aceh-Sumut 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Produk fesyen berbahan dasar ulos menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati…

14 jam ago

Program PKM FKIP Unpas: Pemberdayaan Perempuan Melalui Hidroponik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program pemberdayaan perempuan melalui pertanian hidroponik telah dilaksanakan di Kampung Munjul, Desa…

15 jam ago