HEADLINE

Stadion GBLA jadi Rumah Timnas Indonesia dalam FIFA Matchday, JIS Batal!

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) bakal jadi rumah bagi Timnas Indonesia saat menghadapi Curacao dalam FIFA matchday. Laga akan digelar pada 24 September 2022.

Laga di GBLA itu akan jadi yang pertama. Sedangkan laga kedua yang harusnya digelar di Jakarta International Stadium (JIS) pada 27 September 2022 urung digelar.

Hal itu diketahui setelah PSSI melakukan uji kelayakan. JIS dinilai belum layak menggelar FIFA matchday. Sebaliknya, Stadion GBLA dinilai layak sehingga laga Indonesia vs Curacao tetap bakal digelar sesuai jadwal.

Berdasarkan hasil inspeksi tim Infrastructure Safety and Security PSSI, Stadion JIS belum memenuhi kelayakan 100 persen infrastruktur (area drop off tim, sirkulasi aktivitas terkait pertandingan di outer perimeter menumpuk di barat utara).

Bahkan concourse timur belum dapat digunakan, perimeter tribune perlu pengkajian ulang, pagar perimeter di bawah concourse barat tidak kokoh) dan sarana prasarana pendukung (kantung parkir, transportasi umum, dan jalan akses menuju stadion belum sesuai standar).

“Sehingga untuk menggelar sebuah pertandingan FIFA Match Day yang mengundang animo penonton sangat banyak maka perlu dilakukan simulasi terkait jumlah penonton mulai dari 25 persen – 50 persen – 75 persen – 100 persen dari perhitungan maximum safety capacity,” kata Sekjen PSSI Yunus Nusi dikutip dari laman resmi PSSI, Sabtu (10/9/2022).

Stadion Jakarta International Stadium

JIS sendiri tergolong megah. Di sana bisa menampung hingga 80 ribu orang. Namun, area parkirnya ‘minimalis’ karena hanya mampu menampung 800 kendaraan roda empat.

Hal itu akan rentan jika laga timnas tetap digelar di JIS. Sebab animo menyaksikan laga timnas biasanya sangat besar. Dikhawatirkan justru kantung parkir yang sedikit itu jadi masalah.

Selain itu, masuk stadion hanya satu pintu. Sehingga dikhawatirkan jika penonton bersamaan keluar akan memakan waktu lama.

”Di samping itu terkait dengan plafon yang rendah karena bus tidak bisa masuk, bisa jadi bus tim tamu dan tim tuan rumah berhentinya di area umum, tidak di area sebagaimana mestinya yang sudah diatur. Nah kalau kita paksakan pasti akan menjadi catalan FIFA,” imbuh Yunus.

Kendala lain adalah biaya sewa stadion yang tinggi. Tim sekelas Persija Jakarta pun lebih memilih stadion di Bekasi. Tentu juga selain karena infrastruktur yang belum memadai.

Saat ini PSSI masih dalam taraf pembicaraan dengan beberapa stadion untuk pertandingan kedua (27/9) di antaranya Stadion Pakansari, Bogor, dan Stadion Patriot, Bekasi. (ars)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

10 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

11 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

12 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

13 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

13 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

13 jam ago