PASJABAR

Warga Cianjur Mulai Terima Bantuan Tunai Dampak Kenaikan BBM

ADVERTISEMENT

Cianjur, WWW.PASJABAR.COM – Warga cianjur mulai menerima Bantuan Tunai Dampak Kenaikan BBM. Pemkab Cianjur, Jawa Barat, menjelaskan Dana Bantuan bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH) dengan sasaran penerima para sopir angkutan umum, ojek pangkalan dan nelayan.

Dilansir dari Antara News, Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur Jumat, mengatakan, sesuai petunjuk dari pemerintah pusat setelah harga BBM mengalami penyesuaian, pemerintah daerah diminta untuk segera menyerahkan bantuan langsung tunai untuk berbagai kalangan penerima.

“Bantuan tersebut akan diambil dari DAU dan DBH sekitar 2 persen sesuai dengan petunjuk dari pemerintah pusat, saat ini sudah dirumuskan dan dipetakan agar tepat sasaran,” katanya.

Tidak hanya bantuan tunai, ungkap Herman, namun pihaknya juga akan menggelar pasar murah di sejumlah titik sebagai upaya menekan kenaikan harga setelah harga BBM mengalami penyesuaian.”Kita juga akan gelar pasar murah untuk menstabilkan harga,” katanya.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Cianjur, Asep Suparman, mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pendataan bagi penerima bantuan langsung tunai.

Setelah penyesuaian harga BBM dilakukan pemerintah pusat beberapa hari yang lalu dengan sasaran sopir, tukang ojek dan nelayan.

“Kami sudah meminta datanya dari Dinas Perhubungan Cianjur dan Dinas Peternakan dan kelautan Cianjur, besaran bantuan yang diberikan sekitar Rp 600 ribu per orang yang akan disalurkan di bulan depan. Untuk bulan ini ada penyaluran namun dari data lama di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),” katanya.

Ia merinci bulan ini penyaluran diberikan untuk 244.982 Keluarga Penerima Manfaat yang selama ini penerima Program PKH dan BPNT.

Dengan bantuan per orang sebesar Rp 300 ribu untuk dua bulan. Mereka akan kembali menerima bantuan kompensasi kenaikan BBM sebesar Rp150 ribu per bulan selama 4 bulan ke depan. (Nis)

Nissa Ratna

Recent Posts

Korban Gempa di Cibereum Mulai Mengeluh Penyakit Pasca Bencana

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Sejumlah warga korban gempa bumi di Desa Cibereum, Kecamatan Kertasari, mulai mengeluhkan…

47 menit ago

Ribuan Warga Masih Bertahan di Pengungsian Gempa Kertasari, Butuh Makanan dan Selimut

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Empat hari setelah gempa bumi mengguncang Kertasari, ribuan warga masih bertahan di…

2 jam ago

Ternyata Makassar hingga Sumedang Tercatat Paling Panas di Asia Tenggara!

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Analisis terbaru dari Climate Central mengungkapkan bahwa empat kota di Indonesia, yaitu…

3 jam ago

Pj Gubernur Jabar: Edukasi Bencana Harus Gencar, Siapkan Peralatan Darurat Lebih Baik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, mengungkapkan bahwa penanganan korban…

4 jam ago

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

15 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

16 jam ago