PASKESEHATAN

Tidur dengan Kondisi Rambut Basah Bisa Sebabkan Pilek? Begini Faktanya

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Keramas dapat membuat rambut bersih dan wangi serta dapat merilekskan tubuh serta pikiran. Namun pernahkah kamu langsung tidur setelah keramas dengan kondisi rambut masih basah?

Larangan untuk tidak tidur dengan rambut yang basah mungkin sudah sering kamu dengar. Katanya hal tersebut bisa menyebabkan pilek. Namun, bagaimana kebenaran informasi ini dari sisi medis?

Menurut kabar yang beredar, tidur dalam kondisi rambut masih basah bisa saja menyebabkan pilek. Hal ini terjadi lantaran rambut yang basah dapat membuat kepala lebih lembap, terasa lebih dingin, dan menyebabkan masuk angin.

Sebenarnya, kabar ini tidak bisa dipercaya sepenuhnya, ya. Sebelum menghubungkan tidur dengan rambut basah dan pilek, kamu sebaiknya mengetahui terlebih dahulu penyebab utama pilek.

Dilansir dari ALODOKTER pada Sabtu (1/10/2022), pilek disebabkan oleh rhinitis atau peradangan lapisan dalam rongga hidung yang terjadi karena infeksi, reaksi alergi, atau efek samping pemakaian obat. Bila dilihat dari penyebabnya, maka rambut basah saat tidur tidak akan langsung membuat kamu pilek.

Namun, bukan berarti kebiasaan ini diperbolehkan, ya. Soalnya, rambut yang basah bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan tidurmu jadi tak nyenyak. Selain itu, rambut yang basah akan lebih rapuh dibandingkan saat kering, sehingga berisiko tinggi rambut menjadi patah, rusak, dan rontok.

Tidur dengan Rambut Basah Berisiko Infeksi Jamur

Tidak hanya itu saja, kondisi kulit kepala dan rambut yang belum kering sepenuhnya juga bisa meningkatkan risiko infeksi jamur, seperti Malassezia. Infeksi jamur ini bisa membuat kulit kepala berketombe.

Kulit yang lembap akibat tidur dengan rambut basah merupakan lingkungan yang optimal untuk kembang biak jamur.

Meski tidak langsung berkaitan dengan pilek, mungkin saja kebiasaan ini bisa menyebabkan pilek, apalagi kalau kamu punya alergi dengan udara dingin. Ini karena ketika rambut tidak dikeringkan, kondisi kulit kepala akan basah dan dingin, sehingga bisa memicu alergi kambuh.

Itulah kebenaran informasi dari kabar yang sering beredar ini. Mulai sekarang, jangan lagi lakukan kebiasaan ini, ya. Walau tidak langsung menyebabkan kamu pilek, tetapi kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan kulit kepala dan rambutmu.

Bila ingin keramas sebelum tidur, luangkanlah waktu setidaknya 30 menit atau beberapa jam sebelum waktu tidur tiba. Bila kamu tidak bisa menahan rasa kantuk, sebaiknya tunda jadwal keramas sampai besok hari saja. (ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

14 menit ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

44 menit ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

1 jam ago

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

2 jam ago

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

3 jam ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

5 jam ago