PASBANDUNG

Pemkot Bandung Sedang Pertimbangkan untuk Bangun Rumah Vertikal

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Kerap diserbu banjir, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mempertimbangkan untuk membangun rumah vertikal di kawasan Gg Tresna Asih, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Asta Anyar.

“Salah satu penyebab dari banjir yang terjadi di Gg Tresna Asih adalah rumah warga yang sejajar dengan permukaan sungai Citepus,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Daya Rusak Air pada Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung, Dini Dianawati, kepada wartawan Rabu (5/10/2022).

Dini mengatakan, ada permintaan dari warga sekitar untuk membangun sumur imbuhan, mini bendung dan pompa air. “Namun tidak ada lahan yang memadai untuk opsi-opsi tersebut,” tuturnya.

Dini menambahkan, meskipun ada lahan kosong namun itu milik warga. Sehingga, opsi yang memungkinkan adalah membangun rumah vertikal. “Tapi itu kan untuk jangka panjang,” tambahnya.

Titik banjir selanjutnya adalah Komplek Graha Indah Cimindi.

“Sebenarnya untuk di Komplek Graha Indah Cimindi sudah ada kolam retensi dan tidak banjir lagi pada awalnya. Namun karena ada tanggul yang jebol, sehingga sekarang banjir lagi,” katanya.

Saat ini, untuk tanggul tengah diperbaiki oleh pihak Pemkot Cimahi. Di sisi lain, Kota Bandung melalui DSDABM akan membuat kolam retensi.

“Di sana ada lahan milik kementrian PUPR dan sedang diusahakan, agar bisa kita manfaatkan,” jelasnya.

Titik lain yang juga akan ditangani adalah Kolam Retensi Bima. Kedua di Sungai Ciwarga Kelurahan Sukaraja. Lalu kemudian di TPU Sirnaraga.

Menurut Sekda Kota Bandung Ema Sumarna, tiap titik banjir yang ditinjau mendapat penanganan berbeda. Di Kolam Retensi Bima misalnya. Benteng yang jebol akibat arus air diperbaiki. Juga optimalisasi manajemen air di kawasan ini yang terus digenjot.

Selanjutnya, titik banjir di Sungai Ciwarga, Kelurahan Sukaraja ditangani dengan upaya perbaikan aliran sungai yang masuk ke Sungai Ciwarga.

“Terdapat penyempitan jalur di sungai yang berakibat lubernya aliran sungai ke pemukiman warga. Namun kami perlu koordinasi dengan BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai Citarum) karena ini mencakup lintas kota kabupaten,” ucap Ema.

Perbaikan Aliran Sungai Ciwarga Langsung Dikerjakan Usai Peninjauan

Ia memastikan, saat ini perbaikan aliran Sungai Ciwarga langsung dikerjakan tepat setelah peninjauan.

Ema menyebut, berdasarkan kesaksian warga, jika aliran air di Sungai Ciwarga dalam kondisi normal (tidak ada luapan), kawasan ini terbebas dari banjir.

“Kalau untuk jangka panjang, kami melihat ada lahan Kementerian PUPR di sini. Saya akan lapor ke Pak Wali Kota, semoga bisa dikoordinasikan lahan ini agar dihibahkan kepada Pemkot Bandung. Tujuannya untuk dibuat kolam retensi,” beber Ema.

Di TPU Sirnaraga, sejumlah perbaikan pun digeber. Ema menyebut kawasan ini akan dipasang bronjong dan juga diterasering.

Selain itu, optimalisasi sumur imbuhan pun dilakukan untuk penanganan banjir di titik ini. (Put)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

5 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

7 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

8 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

8 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

8 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

9 jam ago