PASOLAHRAGA

Dua Pemain Australia yang Pernah Bermain di Persib

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Para pemain asing silih berganti mengisi skuad Persib Bandung. Mereka berasal dari berbagai negara.

Brasil dan Argentina jadi negara langganan pemain asing yang direkrut Persib dari Amerika Selatan. Di Eropa, ada pemain asal Polandia hingga Belanda yang digaet.

Dari tanah Afrika, Persib pernah mendatangkan pemain dari Mali, Burkina Faso, hingga Ghana. Tapi ada juga pemain yang didatangkan dari Asia, misalnya Jepang, Thailand dan Flipina.

Meski begitu, ada yang didatangkan dari Australia untuk menjadi pemain di Persib. Meski Australia bukan bagian dari Benua Asia, tapi pemain Australia masuk jadi bagian AFC. Sehingga, secara status pemain Australia dianggap sebagai pemain Asia.

Persib pun pernah punya pemain berpaspor Australia. Tapi jumlahnya tak banyak. Hanya ada dua nama pemain Australia yang pernah jadi bagian di Persib. Siapa saja mereka?

Robert Mark Gaspar

Nama pertama adalah Robert Mark Gaspar yang lebih dikenal dengan nama Robbie Gaspar, pria kelahiran 7 Februari 1981.

Memiliki darah Kroasia, Robbie Gaspar sempat bermain di klub Kroasia, Hajduk Split. Setelah keluarganya pindah ke Australia, Gaspar meniti kariernya di Australia, di antaranya memperkuat Sidney Olympic dan Perth FC.

Ia lalu bermain untuk klub Malaysia, Sabah FC pada 2003-2005. Gaspar kemudian melirik Indonesia sebagai pelabuhan kariernya. Ia bermain untuk Persita Tangerang (2005-2006), Persiba Balikpapan (2006-2009), Persema Malang (2009-2011), dan Persib Bandung (2011-2012).

Gaspar gabung ke Persib saat ditangani Drago Mamic. Gaspar menjalani debutnya saat Persib menang 3-2 atas Persiram Raja Ampat di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung pada 3 Desember 2011. Di Persib, Gaspar total mencatatkan 20 penampilan dengan 982 menit bermain.

Diogo Ferreira

Pemain Australia kedua yang bermain untuk Persib adalah Diogo Ferreira. Ia masuk pada pertengahan musim Indonesia Soccer Championship pada 2016. Saat itu Persib dilatih Djadjang Nurdjaman.

Tapi kebersamaan Diogo dengan Persib sangat singkat. Ia dikontrak hanya sekitar empat bulan sampai perhelatan ISC tuntas. Setelah itu kontraknya tak diperpanjang.

Mengenakan nomor punggung 5, Diogo Ferreira berposisi asli sebagai gelandang bertahan. Tapi karena komposisi lini belakang Persib saat itu bermasalah, Diogo kerap dimainkan sebagai bek. Total ia mencatatkan 14 penampilan bersama Persib dengan 1.160 menit bermain serta tiga kartu kuning. (ars)

Aris

Recent Posts

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

56 menit ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

2 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

3 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

3 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

3 jam ago

Jeni Cindianti, Gadis dengan Segudang Cita-cita

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Jeni Cindianti, yang akrab dipanggil Jeni, adalah sosok gadis yang penuh dengan semangat…

3 jam ago