HEADLINE

Promosi Doktor Ilmu Sosial Yanti Purwanti Analisis Model System Dynamics Daya Saing Pasar Tradisional

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Program Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Sosial Bidang Kajian Ilmu Administrasi Bisnis Yanti Purwanti, Kamis (27/10/2022).

Acara yang berlangsung di Aula Mandalasaba dr.Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No. 41 Kota Bandung ini diketuai oleh rektor Unpas, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf, Sp., M.Si., M.Kom.IPU.

Adapun disertasi yang disidangkan berjudul Model System Dynamics Daya Saing Pasar Tradisional di Pasar Panorama Lembang Kabupaten Bandung Barat.

Yanti mengungkapkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk menalaah, mengkaji dan mengetahui gambaran umum Pasar Tradisional Panorama Lembang di Kabupaten Bandung Barat.

Kemudian ia juga mengkaji dan mengetahui indeks daya saing pasar tradisional Panorama Lembang di Kabupaten Bandung dan membangun sebuah model system dinamycs untuk peningkatan daya saing pasar yang efektif dan mencari leverage point (daya ungkit) terbesar pada pasar tradisional di Kabupaten Bandung Barat sampai tahun 2030.

“Metode penelitian yang digunakan adalah metode mixed method embedded. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan ”System Dynamics” yang menggunakan perspektif berdasarkan umpan balik informasi dan delays untuk memahami dinamika perilaku sistem yang kompleks,”

Hasil dari model tersebut meghasilkan 6 skenario yaitu pertama, simulasi dasar tanpa kebijakan; kedua, PKL terbatas; ketiga, jumlah PKL dibatasi ditambah penertiban PKL 2 kali pertahun dan ditambah jumlah kios sebanyak 5 persen dari total kios yang ada; keempat, penertiban PKL 5 kali pertahun ditambah dengan penambahan jumlah kios 20 persen dari total kios yang tersedia; kelima, penertiban PKL 2 kali pertahun ditambah penambahan kios 5 persen; keenam, penertiban PKL 2 kali pertahun.

IPK Yanti Purwanti sebelum sidang terbuka adalah 3.72 dan IPK sidang terbuka 3.83. Berdasarkan hasil sidang tersebut Yanti Purwanti dinyatakan lulus IPK akhir 3.74 dengan yudisium sangat memuaskan.

Kesan Selama Kuliah di Unpas

Yanti Purwanti. (Foto: pasjabar)

Yanti merasa berkesan berkuliah di Universitas Pasundan. Hal itu karena dari pendidikan S1 hingga S3, ia menempuh pendidikan di kampus ini.

“Program-programnya, kesempatan-kesempatan yang diberikan kepada lembaga buat kemajuan mahasiswanya itu sangat tinggi. Jadi bisa lebih leluasa mengembangkan potensi diri,” kata Yanti.

Dia berharap, semoga Program Doktor Ilmu Sosial dengan konsentrasi Administrasi Bisnis di Universitas Pasundan bisa lebih dikenal lagi oleh masyarakat.

“Semoga bisa menjadi pilihan masyarakat untuk kuliah di Pascasarjana Universitas Pasundan Program Ilmu Sosial dengan konsentrasi Administrasi Bisnis,” pungkasnya. (ran)

Foto bersama keluarga. (Foto: rani/pasjabar)
Nurrani Rusmana

Recent Posts

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

4 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

6 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

7 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

7 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

7 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

8 jam ago