PASBANDUNG

Desain yang Menarik Dapat Menunjang Kualitas Produk UMKM

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) diharapkan bisa menjaga kualitas produk yang dijual, salah satunya dari aspek desain.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Dekranasda Kota Bandung Yunimar Mulyana dalam Seminar Desain Produk Dekranasda Kota Bandung 2022 di Fox Harris Hotel, Jalan Jawa Kota Bandung, Selasa (1/11/2022) kemarin.

Menurutnya, desain produk yang menunjang kualitas produk UMKM bisa menjadi pemicu awal terjadinya transaksi akibat ketertarikan calon pembeli. Hal itu menjadi harapan di tengah gencarnya pemulihan ekonomi pascapandemi.

“Sekarang kita telah memasuki fase pemulihan ekonomi pascapandemi. Namun ujian belum berakhir, masih ada dampak isu krisis global yang perlahan mulai kita rasakan,” katanya.

Maka dari itu, Pemkot Bandung saat ini gencar melakukan berbagai aktivitas pemulihan ekonomi dan kegiatan seperti padat karya atau seminar yang dapat menunjang pemulihan ekonomi tersebut.

Hal senada disampaikan Kepala Bagian Perekonomian Setda Kota Bandung, TB Agus Mulyadi. Menurutnya, kegiatan ini adalah salah satu upaya akselerasi kualitas produk UMKM di Kota Bandung.

“Kebutuhan pendampingan desain produk sangat diperlukan, mengingat kualitas produk yang baik ditunjang oleh desainnya,” ujar Agus.

Oleh karenanya, ia berharap, para peserta seminar dapat memaksimalkan peluang berbagi ilmu dan menerapkan ilmu baru tersebut pada produknya.

Sebagai informasi, seminar ini dihadiri 40 pelaku UMKM binaan dan non binaan Dekranasda Kota Bandung. Jumlah tersebut merupakan hasil kurasi dari 173 pendaftar.

“Saya juga berharap, pembinaan seperti ini dapat dilakukan secara berkelanjutan. Seperti arahan Bu Yunimar,” ujar Agus.

Seminar Desain Produk Dekranasda Kota Bandung 2022 berjalan dua sesi ini menghadirkan narasumber Dr. Sulistiyo Setiawan, M.Pd (akademisi ITENAS) dan Hadianto, S.E., M.Sn (akademisi Sekolah Tinggi Teknologi Bandung).

Acara ini diinisiasi Bagian Perekonomian Setda Kota Bandung dan berkolaborasi dengan Dekranasda Kota Bandung, Sekolah Tinggi Teknologi Bandung dan juga Fab Lab. (*/ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

5 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

6 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

7 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

8 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

8 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

8 jam ago