HEADLINE

Dunia Bulutangkis Indonesia Berduka, Justian Suhandinata Tutup Usia

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dunia bulutangkis Indonesia hari ini kehilangan Justian Suhandinata. Dia merupakan salah satu tokoh yang berdedikasi tinggi terhadap pembinaan dan prestasi bulutangkis.

Justian Suhandinata meninggal dunia dalam usia 75 tahun di Rumah Sakit Bumrungrad, Bangkok, Thailand, Jumat (4/11/2022) pukul 21.25 WIB.

Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna mengucapkan duka cita yang mendalam atas berpulangnya tokoh bulutangkis nasional dan internasional tersebut. Meninggalnya Justian Suhandinta membuat dunia bulutangkis kehilangan salah satu tokoh berdedikasi tinggi.

“Kami ikut berduka cita atas berpulangnya tokoh bulutangkis nasional dan internasional, Bapak Justian Suhandinata. Dunia bulutangkis Indonesia tentu kehilangan dengan kepergian tokoh yang mendedikasikan hidupnya hanya untuk kemajuan bulutangkis Indonesia dan dunia. Banyak jasa dan prestasi beliau untuk kemajuan prestasi bulutangkis Indonesia,” kata Agung dalam keterangan tertulis yang dikutip dari Instagram @badminton.ina, Sabtu (5/11/2022).

“Bahkan hingga akhir hayatnya, Pak Justian masih berkiprah sebagai Dewan Penasihat PP PBSI 2020-2024. Mewakili PBSI dan insan bulutangkis Indonesia, sekali lagi saya mengucapkan rasa duka cita dan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian Pak Justian hingga akhir hayat,” sambungnya.

Selama berkecimpung di bulutangkis, Justian pada 2008 sukses menggolkan nama Suhandinata Cup. Hal itu untuk diperebutkan sebagai trofi kejuaraan bulutangkis beregu campuran junior atau BWF World Junior Mixed Team Championship. Suhandinata, adalah ayah Justian, tokoh yang bersama Sudirman mempersatukan organisasi bulutangkis yang sempat terpecah dengan menjadi organisasi BWF di Tokyo 1981.

Justian pula yang menginisiasi digelarnya Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior Perseorangan cikal bakalnya dengan menggelar Invitasi Bulutangkis Dunia Junior Bimantara (BWJBI) di Jakarta tahun 1986. Ajang internasional ini akhirnya sejak 1992 menjadi event. resmi BWF yang dipertandingkan saban tahun hingga kini.

Atas dedikasinya untuk bulutangkis internasional, Justian memperoleh gelar kehormatan sebagai satu-satunya orang Indonesia yang mendapatkan penghargaan Honorary Life Vice President dari BWF. Penghargaan ini diserahkan dalam forum AGM BWF pada 20 Mei 2017 di Gold Coast, Australia. (*/ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Bakso Tulang Iga Sanguan, Sensasi Bakso dengan Nasi yang Bikin Wareug di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bandung memang terkenal dengan ragam kulinernya yang unik, salah satunya adalah Bakso…

33 menit ago

SPKA Gelar Kompetisi Tenis Meja di Stasiun Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Serikat Pekerja Kereta Api (SPKA) menggelar kompetisi tenis meja se-Bandung Raya yang…

2 jam ago

Dorong Daya Saing UMKM Jabar Lewat Festival Roeang Kita 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam rangka memperingati Hari Oeang Republik Indonesia (HORI), Kementerian Keuangan Provinsi Jawa…

3 jam ago

Bandung Menuju Kota Tanpa Sampah, Pemkot Gencarkan Gerakan Pilah Sampah

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat Sekretaris Daerah Kota Bandung, Dharmawan, menyatakan optimisme bahwa Bandung dapat tumbuh…

4 jam ago

Bawaslu Kabupaten Bandung Minta KPU Petakan Kerawanan Penyimpanan Logistik Dan Terapkan SOP

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Kabupaten Bandung meminta KPU kabupaten Bandung membuat…

5 jam ago

Humaira Zahrotun Noor: Pendidikan Jawa Barat 2025 Harus Lebih Adil untuk Semua!

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pendidikan di Jawa Barat mendapat sorotan dari anggota DPRD Provinsi Jawa Barat,…

6 jam ago