PASPENDIDIKAN

10 Mahasiswa UGM Terima Penghargaan Lomba Poster Narasi Produk UMKM

ADVERTISEMENT

Yogyakarta, WWW.PASJABAR.COM – Sebanyak 10 mahasiswa UGM berhasil menjadi Pemenang Lomba Poster Narasi Produk UMKM dalam rangka Temu Bisnis Nasional UMKM V.

Temu Bisnis Nasional UMKM V berlangsung selama dua hari, 26-27 Oktober 2022 diikuti para mahasiswa di lingkungan Universitas Gadjah Mada.

Pemberian Penghargaan dan Pengukuhan Duta UMKM UGM 2022 dilakukan di Gerai UMKM Binaan, Lobby UC Hotel, Kamis (3/11).

Hadir dalam acara ini Dr. dr. Rustamaji, M.Kes., selaku Direktur Pengabdian kepada Masyarakat UGM, Sakariza Qori Hermawan, S.Si., M.M., selaku Pempinan BNI KC UGM, dan Adi Setyo Pranowo, S.E., M.M., selaku Pimpinan BNI KC Cilacap.

Rustamaji merasa bersyukur kondisi UMKM sedikit demi sedikit mulai membaik setelah mengalami keterpurukan akibat pandemi Covid-19.

Kepada para mahasiswa, ia berharap mereka mampu mewarisi jiwa-jiwa wirausaha yaitu sikap pantang menyerah.

Mahasiswa Diharapkan Mampu Melihat Potensi

Mahasiswa juga diharapkan mampu melihat potensi dan melakukan analisis dengan baik serta membangun jaringan luas. Disebutnya, era saat ini adalah era kolaborasi dan bersinergi.

“Alhamdulillah UMKM sekarang sudah mulai membaik. Dengan berkolaborasi dan bersinergi kita meyakini akan dapat menambah jaringan lebih luas lagi tentunya,” ujar Rustamadji.

Sakariza Qori Hermawan memberikan apresiasi sekaligus penghargaan serta  terima kasih atas jerih payah dalam menghasilkan desain flayer poster narasi UMKM.

Produk-produk tentunya hanya biasa kalau dijual secara konvensional dan tidak ada pembedanya serta tidak memiliki nilai tambah karena tidak ada diferensiasinya.

Tetapi hal itu menjadi berbeda jika ada narasinya.

Ada The Story Behind, cerita-cerita dari produk sehingga mampu menggugah emosional dari pembeli karena orang-orang tertarik dengan narasinya.

“Dengan adanya The Story Behind akan menjadi pengungkit bahwa anda adalah The Man Behind The Product ,”katanya.

Sakariza menandaskan pentingnya memanfaatkan IT/Gadget dalam pemasaran produk. Dengan cara itu akan jauh lebih masif dalam pemasaran.

“Selain itu, UMKM harus meningkatkan jaringan yang ada. Sekecil apapun komunitas Anda, itu memberikan multiplayer ke banyak pihak. The Story Behind tadi akan di duplicated berbagai pihak sehingga menjadi bola salju yang semakin besar,” ucapnya.

Setyo Adi Pranowo mengungkapkan BNI turut  berbangga bisa berkolaborasi dengan UGM serta Gama Multi dalam menyukseskan kegiatan Temu Bisnis Nasional UMKM V serta memberikan perhargaan kepada pemenang lomba desain flayer produk.

Selain dinobatkan sabagai pemenang, para peserta lomba juga secara resmi menjadi Duta UMKM.

Adapun kesepuluh pemenang Lomba Poster Narasi Produk UMKM adalah Nabillah Octarani (FMIPA) nama produk Coklat Makaryo, Nur Indah Setyaningsih (FMIPA) Bakpia Alris, Dhara Cita Rafeinia (Fisipol) Ecoprint, Fadia Rachmatul Azizah (FIB) Fililah Batik, Muhamad Farhan (Fakultas Pertanian) Pesona Jenitri,  Rahmah Istiqomah (Fisipol) Akukira Indonesia, Brigitta Pricilia (Sekolah Vokasi) Bumdes, Zulfa Annisa Rahmadhani (Fisipol) Gamafood, Waffiq Abir Nazihah (FTP) Keripik Ubi Madu Mas Lukman, dan Agnes Vika Fernanda (Fakultas Peternakan) dengan nama produk FDA. (*/Nis)

Nissa Ratna

Recent Posts

Korban Gempa di Cibereum Mulai Mengeluh Penyakit Pasca Bencana

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Sejumlah warga korban gempa bumi di Desa Cibereum, Kecamatan Kertasari, mulai mengeluhkan…

51 menit ago

Ribuan Warga Masih Bertahan di Pengungsian Gempa Kertasari, Butuh Makanan dan Selimut

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Empat hari setelah gempa bumi mengguncang Kertasari, ribuan warga masih bertahan di…

2 jam ago

Ternyata Makassar hingga Sumedang Tercatat Paling Panas di Asia Tenggara!

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Analisis terbaru dari Climate Central mengungkapkan bahwa empat kota di Indonesia, yaitu…

3 jam ago

Pj Gubernur Jabar: Edukasi Bencana Harus Gencar, Siapkan Peralatan Darurat Lebih Baik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, mengungkapkan bahwa penanganan korban…

4 jam ago

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

15 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

16 jam ago