PASBANDUNG

Hari Disabilitas Internasional, Yunimar Ajak Ciptakan Lingkungan Inklusif

ADVERTISEMENT

Bandung, WWW.PASJABAR.COM – Ketua Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM) Kota Bandung, Yunimar Mulyana mendorong seluruh warga Kota Bandung menciptakan lingkungan inklusif yang memberi kesempatan yang sama untuk berpartisipasi penuh tanpa adanya diskriminasi bagi disabilitas di Kota Bandung.

Hal tersebut diungkapkan Yunimar saat menghadiri Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tingkat Kecamatan Sumur Bandung Tahun 2022 di Taman Tongkeng Kelurahan Merdeka Kecamatan Sumur Bandung, Rabu 30 November 2022.

“RBM terus hadir memberikan pelayanan dan bantuan bagi penyandang disabilitas dan keluarga disabilitas agar mereka mendapatkan fasilitas yang sama seperti masyarakat kota Bandung yang lain,” katanya.

Menurut Yunimar, RBM telah melakukan asesmen secara rutin kepada disabilitas.

Selain itu, RBM juga hadir dengan berbagai program diantaranya rujukan rumah sakit dan dokter spesialis, infrastruktur bagi disabilitas, fasilitas bagi disabilitas dan layanan administrasi kependudukan bagi kaum disabilitas.

“Kami terus memberikan layanan yang lebih lagi. Kami berupaya memberikan bantuan berupa peralatan yang dibutuhkan,” ujarnya.

Untuk mendukung disabilitas yang berdaya, berbagai bantuan telah diberikan RBM bagi disabilitas seperti bantuan kursi roda dan tablet untuk pengembangan usaha online.

“Semoga para disabilitas berdaya secara ekonomi dan mandiri dan menyelesaikan permasalahannya. Kami hadir untuk membantu mereka, memberikan pelayanan dan fasilitas bagi disabilitas, termasuk lingkungan yang inklusif” ungkapnya.

Untuk diketahui, puncak peringatan Hari Disabilitas Internasional tingkat Kota Bandung akan digelar Sabtu, 3 Desember 2022 di Balai Kota Bandung.

Sementara itu, Camat Sumur Bandung, Wahyu Rinjaningsih mengatakan, di Kecamatan Sumur Bandung saat ini terdapat 175 anak disabilitas yang terus diberikan pendampingan pihak kecamatan.

Data tersebut terus di-update setiap bulan Januari setiap tahunnya.

Ia berharap, penyandang disabilitas terus mendapat perhatian dari pemerintah dan berbagai stakeholder.

“Kami terus mendorong untuk lingkungan yang ramah disabilitas,” ujarnya.

Pada acara tersebut, terdapat penyerahan bantuan dari kecamatan sumur Bandung bagi penyandang disabilitas di lingkungan kecamatan sumur Bandung. (*/Nis)

Nissa Ratna

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

6 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

7 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

8 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

9 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

9 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

9 jam ago