HEADLINE

Promosi Doktor Ilmu Sosial Nurhaeni Sikki Kaji Pengembangan Karier Korps Wanita AD dalam Peran Kesetaraan Gender

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Program Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Sosial Bidang Kajian Ilmu Administrasi Publik, Nurhaeni Sikki pada Rabu (28/12/2022).

Acara yang berlangsung di Aula Mandalasaba dr. Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No. 41 Kota Bandung ini diketuai oleh Prof. Dr. H. M Didi Turmudzi, M.Si.

Adapun disertasi yang disidangkan pada promosi Doktor Ilmu Sosial ini berjudul Pengembangan Karier Korps Wanita Angkatan Darat dalam Peran Kesetaraan Gender di Markas Besar Angkatan Darat.

Sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Sosial Bidang Kajian Ilmu Administrasi Publik, Nurhaeni Sikki pada Rabu (28/12/2022). (Foto: ran/pasjabar)

Nurhaeni mengatakan penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan pokok yaitu pengembangan karir Korps Wanita Angkatan Darat dalam sub fokus bahasan yaitu Pengembangan Karir Korps Wanita Angkatan Darat dalam peran kesetaraan gender di Markas besar Angkatan Darat.

Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian kualitatif studi kasus menjadi pilihan penulis karena dengan meneliti mengenai pengembangan karir Korps Wanita Angkatan Darat berkaitan dengan kesetaraan gender.

“Pengumpulan data yang di gunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian menggunakan operasional parameter yang berfungsi sebagai indikator pengendalian yang melibatkan Perwira Tinggi, Perwira Menengah, Perwira Pertama dan juga dari Pengamat Militer dan Pertahanan, Perwira Tinggi dari Korps Wanita Angkatan Laut dan Korps Wanita Angkatan Udara,” terangnya.

Nurhaeni memaparkan temuan penelitian menunjukkan bahwa teori dan dari hasil penelitian sebelumnya mengenai pengembangan karir dan Wanita dalam organisasi militer Indonesia masih belum dapat menyelesaikan problematika pengembangan karir Korps Wanita Angkatan Darat di Markas Besar Angkatan Darat secara menyeluruh.

“Atas dasar tersebut maka peneliti memberikan pembaharuan/melengkapi penelitian sebelumnya dengan menambah dua strategi individu yaitu ketekunan karir (career perseverance), dan strategi organisasi yaitu optimalisasi karir Wanita (women career optimalization), dari beberapa strategi tersebut peneliti berharap dapat dilaksanakan oleh Individu maupun organisasi yang juga merupakan novelty dari penelitian ini,” paparnya.

IPK Nurhaeni Sikki sebelum sidang terbuka adalah 3.59 dan IPK sidang terbuka 3.73. Berdasarkan hasil sidang tersebut, Nurhaeni Sikki dinyatakan lulus dengan IPK akhir 3.61 dengan yudisium sangat memuaskan.

Kesan Nurhaeni Sikki Selama Kuliah di Universitas Pasundan

Nurhaeni Sikki. (Foto: ran/pasjabar)

Nurhaeni merasa bangga karena bisa menyelesaikan pendidikan S3 di Unpas. “Saya senang sekali, bangga bisa kuliah di sini. Dosennya bagus-bagus, ramah-ramah, tentunya tanpa di sini saya tidak bisa jadi doktor,” katanya.

Dia berharap Unpas bisa menjadi lebih bagus baik untuk dosen maupun mahasiswanya. Dirinya juga berharap ilmunya dapat bermanfaat.

“Harapan saya, mudah-mudahan ilmu saya dapat bermanfaat buat anak bangsa di kampus. Saya juga persembahkan untuk universitas saya, Universitas Sangga Buana,” tutupnya. (ran)

Foto bersama keluarga. (Foto: ran/pasjabar)
Nurrani Rusmana

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

10 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

11 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

12 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

13 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

13 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

13 jam ago