PASBANDUNG

Luis Milla dan El Classico Pertamanya di Indonesia

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pelatih Persib Bandung Luis Milla tahu betul bagaimana rasanya bermain dalam laga bertajuk El Classico. Sebab ia pernah bermain untuk Real Madrid dan Barcelona di masa mudanya.

Di Spanyol, laga El Classico disematkan kepada Real Madrid dan Barcelona. Menariknya, ia pernah jadi bagian dari dua tim itu dan mencicipi El Classico melawan musuh bebuyutan timnya.

Tapi, kini Luis Milla bisa merasakan El Classico versi Indonesia, yakni Persib Bandung vs Persija Jakarta. Di laga El Classico pertamanya, Luis Milla bisa mempersembahkan kemenangan 1-0 bagi ‘Maung Bandung’ dalam laga tunda putaran pertama Liga 1 2022/2023 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Rabu (11/1/2023).

Lantas, apa bedanya El Classico di Spanyol dan Indonesia yang baru saja dijalaninya? Ia menyebut secara umum gambarannya sama.

“Berbeda (suasananya), tapi perasaan yang dirasakan oleh orang-orang di sini tentunya sama,” kata Luis Milla.

Betapa Hebatnya Bobotoh Bagi Persib

Menurutnya, suporter memberi dukungan penuh bagi tim kesayangannya. Ia pun merasakan sendiri betapa hebatnya dukungan Bobotoh bagi Persib agar bisa mengalahkan Persija.

Tapi, pemain juga harus bisa mengendalikan dirinya dalam permainan, begitu juga Luis Milla sebagai pelatih di pinggir lapangan. Sebab, jika tak bisa mengendalikan diri, kemenangan akan sangat sulit didapatkan.

“Mereka (Bobotoh) mendukung tim yang dibelanya, tapi untuk kami sebagai pemain dan juga pelatih profesional harus memiliki ketenangan menghadapi pertandingan. Atmosfernya mengenai pertandingan, pemain tentunya merasa tekanan yang lebih dan tim pelatih juga harus bisa berpikir tenang,” jelasnya.

Ia mengaku sepanjang laga harus berusaha mengendalikan pemain. Sehingga para pemain bisa tetap tenang melakoni laga yang penuh tekanan tersebut.

“Pelatih harus bisa membuat pemain tidak terlalu merasakan stres dan kepanikan. Jadi menurut yang yang terpenting adalah fokus dan menganggap ini sama seperti pertandingan yang lainnya,” tuturnya.

“Memang ada tekanan yang lebih, tapi dibutuhkan ketenangan agar tim bisa menghadapi laga dengan sempurna. Itu tidak mudah, tetapi saya sangat senang dengan situasi yang dialami pemain di tim kami, mereka melakukan persiapan dengan bagus,” tandas Luis Milla. (ars)

Aris

Recent Posts

Paul Munster Kecewa Usai Dikalahkan Persib

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lawatan Persebaya Surabaya ke Bandung berakhir sia-sia. Pelatih Persebaya Paul Munster pun…

10 jam ago

Cawagub Ilham Habibie Blusukan di Cimahi

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ilham Habibie blusukan menemui masyarakat Kota Cimahi,…

10 jam ago

Raih Kemenangan, Persib Bandung Pantang Besar Kepala

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung kembali raih kemenangan. Persebaya Surabya pun jadi korbannya setelah dilumat…

10 jam ago

Sempat Terkapar, Begini Kondisi Terkini Tyronne del Pino

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino jadi salah satu pusat perhatian di laga Persib Bandung…

10 jam ago

Bojan Hodak Bongkar Kunci Persib Kalahkan Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung mendulang kemenangan atas Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2024/2025.…

11 jam ago

Foto BRI Liga 1 Persib Bandung Vs Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Absennya bobotoh di Stadion Si Jalak Harupat tidak memengaruhi kinerja Persib Bandung.…

12 jam ago