PASBANDUNG

Rembug Bedas Kembali Digelar, Warga Sampaikan Hal Ini

ADVERTISEMENT

SOREANG, WWW.PASJABAR.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung kembali melaksanakan Rembug Bedas ke-17 dan 18 di Desa Soreang dan Desa Sukajadi, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung.

Kegiatan Rembug Bedas ini merupakan inovasi Bupati Bandung Dadang Supriatna dalam upaya memperat silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat.

Seperti kegiatan-kegiatan Rembug Bedas sebelumnya, Bupati Bandung didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Bandung Emma Dety Dadang Supriatna serta jajaran perangkat daerah hadir dalam upaya mendengar aspirasi dan keluh kesah warga yang ada di masing-masing desa yang menjadi sasaran Rembug Bedas tersebut.

Sejumlah warga menyampaikan berbagai aspirasi dan harapannya kepada Bupati Bandung. Mereka menyampaikan hal yang berkaitan dengan kondisi sosial, ekonomi serta infrastruktur peningkatan pembangunan jalan di desa.

Sebagai pembuka sesi diskusi dengan warga Desa Soreang dan Sukajadi pada Rembug Bedas ini, Bupati Dadang Supriatna mengatakan bahwa dirinya berusaha untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19.

Saat sesi diskusi berlangsung, didapatkan warga yang mempertanyakan proses pencairan insentif guru ngaji. Serta usulan kepada Bupati Bandung adanya uang insentif untuk guru Diniyah.

Masih dalam diskusinya dengan Bupati Bandung, didapatkan warga yang berharap kepada Bupati Bandung agar guru ngaji ditempatkan pula di lingkungan DKM atau majelis taklim. Supaya mereka bisa mengajar mengaji setiap hari untuk warga.

Di bidang sanitasi dan infrastruktur, terdapat Warga yang meminta pada Bupati Bandung perihal penanganan sampah dan perbaikan jalan yang rusak di perbatasan Kampung Kramat Mulya dengan Kampung Sukajadi, Desa Sukajadi.

Jawaban Bupati Bandung Saat Diskusi dengan Warga

Selain menjawab aspirasi warga, Bupati Bandung mengajak kepada para pemuda karang taruna untuk merubah mindset dalam upaya membuka kesempatan lapangan kerja.

Bupati Bandung mendorong masyarakat untuk membuat kelompok usaha bersama (Kobe) dengan anggaran Rp5 juta sampai Rp20 juta.

“Dengan adanya pengembangan usaha bersama itu dalam upaya memerangi bank emok dan menghindari terjadinya perceraian di antara pasangan suami istri,” katanya.

Menanggapi aspirasi terkait infrastruktur jalan, Bupati Dadang Supriatna menginstruksikan Dinas PUTR Kabupaten Bandung untuk menindaklanjuti jalan rusak yang dikeluhkan warga Desa Sukajadi.

“Di Desa Sukajadi, sudah dianggarkan Rp1 miliar untuk perbaikan jalan. Di Kecamatan Soreang Rp10 miliar untuk pembangunan infrastruktur jalan,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Dadang Supriatna pun menegaskan kembali bahwa uang insentif guru ngaji tidak ada potongan. Semuanya ditransfer ke rekening masing-masing ustadz dan ustadzah setiap tiga bulan sekali.

Bupati Bandung berharap anggaran insentif guru ngaji sebesar Rp109 miliar per tahun ditambah BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan untuk ustadz/ustadzah. Serta istri/suami dan dua anaknya menjadi keberkahan bagi masyarakat Kabupaten Bandung. (fal)

Fal Ulul Ilmi

Recent Posts

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

12 menit ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

1 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

1 jam ago

Jeni Cindianti, Gadis dengan Segudang Cita-cita

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Jeni Cindianti, yang akrab dipanggil Jeni, adalah sosok gadis yang penuh dengan semangat…

1 jam ago

Operasikan Dapur Umum untuk Pengungsi Gempa, 7.000 Paket Makanan di Siapkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung mulai mengoperasikan dapur umum untuk mendukung kebutuhan logistik bagi…

2 jam ago

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

3 jam ago