PASBANDUNG

KPU Kota Bandung Melantik 453 PPS untuk Pemilu 2024

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Sebanyak 453 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu serentak 2024 dilantik oleh KPU Kota Bandung, Jawa Barat pada Selasa (24/1/2023).

“Tentunya mengedepankan kemandirian, imparsialitas, dan pakta integritas yang tinggi, tegaknya demokrasi di Kota Bandung untuk memilih pemimpin dan wakil rakyat lima tahun ke depan,” kata Ketua KPU Kota Bandung Suharti di Sentra Pembinaan Olahraga Terpadu Arcamanik.

Dia menerangkan para anggota PPS itu nantinya bekerja di 151 kelurahan yang ada di Kota Bandung. Setiap kelurahan itu akan memiliki tiga anggota PPS.

Menurutnya, Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa menjadi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan PPS berdasarkan Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2022 dan Keputusan KPU Nomor 534 Tahun 2022. Namun, dari seluruh proses pelantikan PPK dan PPS, menurutnya, Kota Bandung belum ada ASN yang turut serta menjadi panitia pesta demokrasi itu.

Meski begitu, dia memprediksi akan ada sejumlah ASN yang turut menjadi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). KPU Kota Bandung memerlukan sekitar 50 ribu anggota KPPS untuk proses pemilihan di 7.524 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Jadi, mereka tetap dituntut kemandirian dan imparsialitas. Mereka tetap menyelenggarakan pemilu sesuai dengan koridor-koridor yang ada,” kata Suharti.

Berdasarkan data sementara, jumlah pemilih di Kota Bandung berjumlah 1,8 juta pemilih atau naik 100.000 pemilih dibandingkan tahun 2019. Dari jumlah tersebut, 40 hingga 50 persen di antaranya merupakan kaum milenial dan pemilih pemula. (rif)

Budi Arif

Recent Posts

Bojan Hodak: Lupakan Kekalahan, Fokus Hadapi Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pelatih PERSIB, Bojan Hodak, meminta para pemainnya untuk melupakan kekalahan 0-1 dari…

13 jam ago

Laga Sengit PERSIB vs Persija: Suporter Dilarang Masuk

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Setelah menghadapi Port FC di laga pembuka AFC Champions League Two (ACL…

14 jam ago

BMKG: Hujan Normal Menyapa Indonesia pada November Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan…

15 jam ago

Resmi Dilantik jadi Pj Wali Kota Bandung, Inilah Perjalanan Karir A. Koswara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – A. Koswara resmi dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Bandung pada 20 September…

16 jam ago

Produk Fesyen Ulos Diserbu Atlet di PON Aceh-Sumut 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Produk fesyen berbahan dasar ulos menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati…

17 jam ago

Program PKM FKIP Unpas: Pemberdayaan Perempuan Melalui Hidroponik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program pemberdayaan perempuan melalui pertanian hidroponik telah dilaksanakan di Kampung Munjul, Desa…

18 jam ago