PASBANDUNG

Buka Diklatsar KSR Unpas Ke-28, Rektor: Bentuk Karakter Kemanusiaan

ADVERTISEMENT

Bandung, WWW.PASJABAR.COM – Rektor Universitas Pasundan Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU. didampingi Warek III Bidang Kemahasiswaan Dr. H. Deden Ramdan, M.Si. melepas enam peserta Diklatsar KSR PMI Unit Unpas ke-28 di Kampus Tamansari, Senin (6/2/2023).

Diklatsar akan berlangsung selama sepekan, 6-12 Februari 2023 di Panaruban, Subang dengan pengawasan dari Biro Kemahasiswaan.

Sebelumnya, peserta Diklatsar telah menjalani serangkaian seleksi, meliputi seleksi fisik, medical check up, dan wawancara. Dari 30 pendaftar, hanya enam orang yang terseleksi dan dinilai memiliki kapasitas sebagai relawan.

Di hadapan peserta, senior, instruktur, dan dewan pengurus, Rektor menekankan agar kegiatan Diklatsar fokus membentuk karakter anggota yang berjiwa kemanusiaan, mampu berpikir cepat, tepat, dan dapat diandalkan dalam segala kondisi.

Kendati demikian, peserta dan panitia yang terlibat diminta untuk tetap menjaga keselamatan dan tidak memforsir diri.

“Ada tugas mulia yang disandang KSR, sehingga diharapkan setelah Diklatsar anggota KSR Unpas siap terjun ke masyarakat dengan bekal kemampuan kepalangmerahan,” tuturnya.

Relawan kemanusiaan, kata Rektor, tidak hanya dibutuhkan saat terjadi bencana, namun juga aktivitas lainnya yang berkaitan dengan kepedulian terhadap lingkungan dan sesama.

“Kita tahu, euforia pembangunan masjid Al-Jabbar menimbulkan sejumlah masalah, salah satunya sampah. Barangkali KSR Unpas bisa tampil di sana sebagai bukti peduli lingkungan dan sosialisasi bahwa pemeliharaan masjid Al-Jabbar merupakan tanggung jawab bersama,” terangnya.

Sementara itu, Komandan KSR Unpas Rizki Librian Nur Moekim menyebut, peserta bakal dibekali pelatihan fisik dan mental, pertolongan pertama, dan manajemen bencana.

“Bencana terjadi bukan atas kendali kita sendiri. Ketika berhadapan dengan kondisi bencana, yang pertama kali mereka bawa dan utamakan adalah nyawa mereka sendiri. Kita akan tanamkan prinsip itu,” ujarnya.

Ia berharap, Diklatsar KSR Unpas ke-28 dapat menghasilkan anggota yang kuat mental, siap siaga, tangguh, dan memegang teguh nilai kemanusiaan. “Mudah-mudahan mereka menjadi relawan yang masyarakat dambakan,” tutupnya. (*/Nis)

Nissa Ratna

Recent Posts

Operasikan Dapur Umum untuk Pengungsi Gempa, 7.000 Paket Makanan di Siapkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung mulai mengoperasikan dapur umum untuk mendukung kebutuhan logistik bagi…

48 menit ago

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

1 jam ago

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

2 jam ago

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

2 jam ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

3 jam ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

3 jam ago