PASBANDUNG

Apdesi Jabar Siap Jaga Kondusifitas Pasca Wacana Revisi UU Desa

ADVERTISEMENT

SUMEDANG, WWW.PASJABAR.COM -Jajaran DPD Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Provinsi Jabar mendukung DPP Apdesi Pusat dalam revisi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Jajaran desa memastikan pengajuan revisi regulasi tersebut sesuai mekanisme yang berlaku mendukung kebijakan pemerintah.

Demikian diungkapkan Ketua DPD Apdesi Jabar Dede Kusdinar didampingi Wakil Ketua DPD Apdesi Jabar Suhenda dan Sekjen DPD Apdesi Jabar Budi Santoso, Kamis (9/2/2023).

“Bahwa DPD Apdesi Jawa Barat berkomitmen mendukung revisi UU Desa. Dalam hal ini, kami menyerahkan keputusan dalam revisi UU Desa kepada DPP Apdesi Pusat dan Pemerintah Pusat serta mengikuti mekanisme yang berlaku,” ujarnya pada Rakor Persiapan Perayaan 9 Tahun UU Desa dan Pencanagan Hari Desa Nasional berlangsung di Desa Cilengkrang Kec. Wado Kab. Sumedang.

Rakor diikuti oleh pengurus Apdesi Jabar dan jajaran Ketua DPC Apdesi Se-Jabar berjumlah 30 orang.

Usulan revisi UU Desa diantaranya terkait penambahan masa jabatan kepala desa (kades) menjadi 9 tahun. Saat ini, para kades memegang jabatan selama 6 tahun terhitung sejak tanggal pelantikan.

“Kami sudah menampung masukan rekan-rekan DPC Apdesi Se-Jabar, yang intinya terkait masa jabatan kepala desa menjadi 9 tahun semua menyepakatinya karena sesuai aspirasi. Soal usulan ini berhasil ditetapkan atau tidak, itu menjadi kewenangan pemerintah pusat dan DPR RI dan kami akan ikut kebijakan yang berlaku,” ungkapnya.

Terkait pelaksanaan Pemilikan Kepala Desa (Pilkades) Serentak, pihaknya sudah mendapat surat dari Kemendagri. “Sudah ada surat, Mendagri beri sinyal pelaksanaan Pilkades serentak dan menyetujuinya. Pelaksanaannya tidak melebihi 1 November 2023 dengan tetap berpedoman pada peraturan perundang-undangan terkait,” ungkapnya.

DPD Apdesi Jabar berjanji turut berkomitmen menjaga kondusifitas serta Harkamtibmas di wilayah Jawa Barat menghadapi Pemilu 2024. Pihaknya akan berkolaborasi serta bersinergi dengan Kepolisian Daerah Jawa  Barat serta jajaran kepolisian di Jawa  Barat dalam menghadapi tahun pesta demokrasi tersebut.

“Terkait tahun pemilu, kami siap menjaga kondusifitas desa se-Jabar dan terus berkoordinasi dengan kepolisian. Kami turut berterimakasih terhadap jajaran Polda Jabar khususnya Dit Intelkam Polda Jabar yang selalu bersinergi dengan DPD Apdesi Jawa Barat,” tuturnya.

Dalam rapat tersebut, turut dibahas keikutsertaan jajaran.

DPD Apdesi Jawa Barat pada Perayaan HUT UU Desa tahun 2023 di JIS Jakarta. “Kami turut menyiapkan untuk kegiatan Perayaan HUT UU Desa, rencana akan dihadiri sebanyak 80.000 perwakilan kepala desa se-Jawa Barat,” tandasnya. (Fal)

Fal Ulul Ilmi

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

47 menit ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

2 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

3 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

4 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

4 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

4 jam ago