PASBANDUNG

Kota Bandung Kembali Menyerap Tenaga Kerja Sehingga Angka Pengangguran Menurun

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Setelah pandemi Covid-19 berlalu, Kota Bandung bisa kembali menyerap tenaga kerja. Tingkat pengangguran yang sebelumnya ada di angka 11 persen, kini menjadi 9,5 persen atau sekitar 137 ribu orang.

“Sebelumnya, angka pengangguran di Kota Bandung, ada di 8 persen, tapi karena pandemi Covid-19 angka pengangguran meningkat jadi 11 persen. Namun, kini berangsur melandai dan penyerapan tenaga kerja sudah bisa kembali dilakukan,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung, Andri Darusman, kepada wartawan Senin (13/2/2023).

Andri mengaku pihaknya terus melakukan upaya untuk bisa mengurangi angka pengangguran terbuka. Beberapa upaya diantaraya adalah memberhentikan pemagangan, untuk warga yang berminat bekerja di luar negeri.

“Sementara ini, kami ada kerja sama dengan Jepang, ke depan kami sedang menjajaki kemungkinan kerja sama dengan Jerman,” ujar Andri.

Selain itu, Andri mengatakan, pihaknya juga tetap melaksanakan job fair, yang melibatkan perusahaan dari berbagai wilayah. Sehingga bisa membantu menyerap tenaga kerja.

Disnaker Kota Bandung Gelar Pelatihan

Andri menyebut pihaknya menggelar pelatihan bagi warga untuk menampung aspirasi warga yang tertuang lewat reses dan musrembang.

“Untuk warga yang ingin mengikuti pelatihan ini, bisa mengakses informasinya lewat New BIMMA. Di aplikasi ini, juga tersedia informasi mengenai lowongan kerja, dan pembuatan kartu kuning,” tuturnya.

Untuk jangka pendek, Andri mengatakan pihaknya memiliki program padat karya, yang sementara ini baru teranggarkan di 19 lokasi.

“Ini sesuai permintaan kewilayahan. Jadi ke depan kalau ada wilayah yang ingin mengadakan padat karya, bisa langsung mengajukan permohonan kepada kami,” tambahnya.

Untuk semua kegiatan tersebut, lanjut Andri pihaknya memiliki anggaran sekitar Rp63 miliar. Kebutuhan itu digunakan untuk penyelenggaran penyerapan tenaga kerja, gaji, honor dan pembangunan gedung perkantoran Dinas Tenaga Kerja di Jl Martanegara yang sempat tertunda 3 tahun akibat Covid-19.

“Pembangunan gedung ini sudah meamsuki tahap 2. Mudah-mudahan pada September sudah selesai. Tahun ini, sudah dianggarkan Rp16 miliar untuk menyelesaikan tahap 2 ini. Namun belum termasuk mebel air,” tuturnya.

Selain program yang memang dimiliki oleh Disnaker Kota Bandung, Andri mengungkapkan Kabupaten Kota juga mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat berupa kartu pra kerja.

“Yang bisa mengikuti program ini adalah mereka yang terkena PHK, yang tidak memiliki pekerjaan bahkan yang memiliki pekerjaan juga bisa,” jelasnya.

“Bantuan pra kerja ini diberikan berupa pelatihan yang diberikan kepada warga. Jumlah pelatihan yang disediakan sebangak 1200 jenis pelatihan,” tambahnya.

Untuk yang sudah mengikuti program pra kerja ini, akan mendapatkan dana pendampingan sebesar Rp1 juta. Dengan harapan dana ini bisa digunakan untuk mengembangkan potensi diri.

“Mudah-mudahan dengan segala upaya yang kita miliki, bisa membantu menyerap tenagakerja. Sehingga pengangguran di Kota Bandung bisa berkurang,” pungkasnya. (put)

Putri

Recent Posts

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

1 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

8 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

9 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

10 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

10 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

11 jam ago