PASBANDUNG

Danmenwa Mahawarman Jabar Buka Diklatsar Menwa Gelombang III

ADVERTISEMENT

Bandung, WWW.PASJABAR.COMKomandan Resimen Mahasiswa Mahawarman Jawa Barat Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU. membuka Diklatsar Menwa Mahawarman Gelombang III di Markas Komando Menwa Batalyon VI/Gab, Cikutra, Bandung, Rabu (15/2/2023).

Sebanyak 42 mahasiswa dari lima perguruan tinggi akan mengikuti diklatsar selama 14 hari di sejumlah tempat di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

Peserta diklatsar berasal dari IKIP Siliwangi, International Women University, Universitas Al-Ghifari, Universitas Teknologi Digital, dan Universitas Insan Cendekia Mandiri.

Diklatsar Menwa merupakan tahap lanjutan setelah penerimaan anggota untuk meningkatkan rasa patriotisme, sekaligus melatih fisik, membentuk mental, karakter, keahlian, serta jiwa yang tangguh, tanggap, dan disiplin.

“Diklatsar harus diikuti oleh seluruh anggota organisasi mana pun dan dalam bentuk apa pun. Melalui diklatsar, anggota bisa mendapat penyegaran terhadap aktivitas yang akan dilakukan,” jelasnya.

Mahasiswa akan digembleng lewat latihan dasar militer, taktik teknik, pendalaman pengetahuan umum, pengenalan kesehatan lapangan, bimbingan dan pengasuhan, dan lain-lain.

“Sesuai UU Nomor 23/2019, Menwa menjadi bagian dari komponen pendukung pertahanan negara. Di dalam kampus, Menwa masuk ke dalam unit kegiatan mahasiswa. Di luar kampus, Menwa jadi bagian terintegrasi dari aktivitas bela negara,” terangnya.

Prof. Eddy menekankan, bela negara bukan sekadar angkat senjata, tapi juga membuktikan kecintaan kepada NKRI, termasuk menyelesaikan studi tepat waktu untuk memperkuat SDM Indonesia.

“Diklatsar dapat membentuk pribadi yang mandiri dan tidak mudah menyerah, karena di masyarakat mereka harus bisa survive,” imbuhnya.

Setelah diklatsar, Menwa Mahawarman Jabar akan terus melakukan pembinaan dan pelatihan di bawah pimpinan perguruan tinggi, Komandan Satuan (Dansat), Komandan Kompi, maupun Komandan Batalyon agar semangat anggota tetap terjaga. (*/Nis)

Nissa Ratna

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

10 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

11 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

12 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

13 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

13 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

13 jam ago