PASBANDUNG

Universitas Ciputra Surabaya Benchmarking Pengelolaan Dan Manajemen Pertunjukan Musik Ke FISS Unpas

ADVERTISEMENT

Bandung, WWW.PASJABAR.COM – Program peminatan Performing Art and Sport Management, School of Business Management Universitas Ciputra Surabaya melakukan kunjungan benchmarking ke prodi Seni Musik, Fakultas Ilmu Seni dan Sastra (FISS) Universitas Pasundan, Kamis (16/2/2023).

Kunjungan ini bertujuan memperoleh insight dan masukan dari seniman dan tenaga pendidik di prodi Seni Musik FISS Unpas mengingat program peminatan Performing Art and Sport Management di Universitas Ciputra Surabaya masih tergolong baru.

Kaprodi Seni Musik FISS Unpas Ir. Yayat Ahmad Hidayat, M.Sn. mengatakan, pihaknya berbagi pengalaman dan memberikan arahan tentang pengembangan program peminatan yang sedang diusung.

Benchmarking Mengarah ke Event Seni

“Program mereka mengarah pada pengelolaan pertunjukan (event) seni dan olahraga, bukan manajemen musik yang di dalamnya harus ada pengolahan bahan baku, produksi, dan pemasaran. Mereka ingin memperoleh info tentang sarana yang dibutuhkan, mata kuliah dan kurikulum, sampai promosi prodi apabila sudah terbentuk,” jelasnya.

Pengelolaan pertunjukan musik memang menjadi salah satu bidang garapan prodi Seni Musik FISS Unpas. Selain itu, pembelajaran juga diarahkan agar musik bisa jadi komoditi yang processable dan bisa dijual ke industri.

“Ada potensi kerja sama antara prodi Seni Musik FISS Unpas dengan program peminatan Performing Art and Sport Management Universitas Ciputra Surabaya. Misalnya, kami yang memproduksi musiknya, mereka yang membantu pemasarannya, karena koornya bisnis,” tambahnya.

Head of Magister Management Universitas Ciputra Surabaya Damelina B. Tambunan, Ph.D., CLC. CPM (Asia) menyebut, meski irisan programnya berbeda karena bukan seni musik murni, namun ia mendapatkan banyak perspektif dari prodi Seni Musik FISS Unpas.

“Dosennya keren, kami mendapat pengetahuan yang luas tentang industri musik, karakteristik seniman, pengelolaan pertunjukan musik, dan lain-lain. Seni Musik jadi salah satu prodi terbaik di Unpas, sehingga kami ingin memadukan apa yang sudah berjalan di sini ke dalam manajemen musik,” terangnya.

Ia juga melihat beberapa peluang kerja sama, di antaranya kolaborasi di bidang pengajaran. “Karena program tersebut masuk ke dalam School of Business Management, maka dosennya lebih banyak di bidang manajemen. Kami rasa, soal seni dan pertunjukan, Seni Musik FISS Unpas gudangnya,” tandasnya. (*/Nis)

Nissa Ratna

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

10 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

11 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

12 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

13 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

13 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

13 jam ago