PASNUSANTARA

Pesan Wapres ke LPTNU Tentang Pentingnya Inovasi

ADVERTISEMENT

JAKARTA, WWW.PASJABAR.COM– Pengurus Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) mengunjungi Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin, Senin (13/02/2023) di Kediaman Resmi Wapres, Jl Diponogoro No.2, Jakarta Pusat.

Adapun kedatangan pengurus LPTNU ini adalah untuk melaporkan progres jumlah lembaga pendidikan yang tergabung dalam LPTNU saat ini.

“[Pengurus LPTNU] melaporkan pertumbuhan Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) secara nasional tumbuh sangat pesat dalam sepuluh tahun, jumlahya 254 lembaga PTNU,” ujar Juru Bicara (Jubir) Wapres Masduki Baidlowi.

Selain itu, Masduki menuturkan bahwa LPTNU akan melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan meminta kesediaan Wapres untuk membuka acara tersebut.

“Dilaporkan oleh mereka bahwa hendak melaksanakan Rakernas di Medan pada tanggal 6-9 Maret 2023. Oleh karena itu, mereka mengundang Wapres untuk membuka acara Rakernas,” ungkapnya dalam rilis yang diterima PASJABAR.

Lebih lanjut, Masduki menerangkan bahwa dalam rakernas nanti, LPTNU akan membahas tiga poin strategis, yaitu pertama penyusunan kurikulum yang sama untuk semua PTNU mengenai Ahlussunnah Waljama’ah (orang-orang yang selalu berpedoman pada sunnah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya, baik secara aspek akidah, agama, amal-amal lahirian, ataupun akhlak hati).

“hal ini agar PTNU mulai dari Sabang hingga Marauke ajarannya sama, sehingga mereka tetap menjadi kader moderat Indonesia,” jelas Masduki.

Kedua, akan dibahas pula pola kerja sama antar PTNU agar perguruan tinggi yang dinilai telah maju dapat menjadi role model bagi perguruan tinggi lainnya.

“Bagaimana yang sudah maju seperti Unusa Surabaya, Unisma Malang, Unwahas Semarang, dan lain sebagainya, supaya bekerja sama dengan yang akan maju supaya ada sinergi dan kerja sama,” terang Masduki.

Rencana strategis lainnya yang juga akan dibahas adalah bagaimana semua PTNU dapat maju bersama dengan potensi lokal melalui kerja sama dengan daerah masing-masing.

“Lalu akan dibicarakan hubungan usaha dan industri yang ada di lingkungan strategis masing-masing, supaya bekerja sama dengan LPTNU,” imbuhnya.

Menanggapi laporan tersebut, Masduki mengatakan, Wapres mengapresiasi pertumbuhan PTNU, dan berpesan agar jumlah PTNU yang kian bertambah harus diimbangi juga dengan peningkatan kualitas pendidikan di perguruan tinggi.

“Wapres berharap terus dipacu mutu pendidikannya, jangan hanya dipacu kuantitasnya,” tuturnya.

Sebab, menurut Wapres, majunya kualitas PTNU dapat mengembangkan cara berpikir rasional masyarakat dengan tidak meninggalkan tradisi yang sudah ada.

“Wapres menekankan, keseimbangan antara mempertahankan tradisi yang baik dengan pengembangan-pengembangan baru membuat semakin maju kedepan,” pungkas Masduki.

Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Ketua LPTNU Amien Suyitno, Wakil Sekretaris Widya Priyahita, Anggota Pengurus Ifan Haryanto, Ojat Darojat, dan Rizqon Halal Syah Aji. (*/tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

59 menit ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

2 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

3 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

4 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

4 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

4 jam ago