HEADLINE

Promosi Doktor Ilmu Manajemen Siska Ernawati Fatimah Kaji Pengaruh Orientasi Pasar dan Kewirausahaan Terhadap Inovasi Produk

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Program Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Manajemen, Siska Ernawati Fatimah pada Kamis (23/2/2023).

Acara yang berlangsung di Aula Mandalasaba dr. Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No. 41 Kota Bandung ini diketuai oleh Rektor Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU.

Sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Manajemen, Siska Ernawati Fatimah pada Kamis (23/2/2023). (Foto: ran/pasjabar)

Adapun disertasi yang disidangkan pada promosi Doktor Ilmu Manajemen ini berjudul Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing serta Implikasinya pada Kinerja Pemasaran UMKM di Wilayah Ciayumajakuning.

Dalam penelitian ini, Siska mencoba membedah dengan konsep pemasaran kewirausahaan untuk mengkaji sejauh mana kemampuan sektor UMKM bertransformasi dari konsep pemasaran tradisional menuju pada pemasaran kewirausahaan.

Siska menjelaskan, hasil penelitian menunjukkan bahwa secara deskriptif kondisi orientasi pasar, inovasi produk dan keunggulan bersaing berada dalam kriteria kurang baik menuju baik, sedangkan orientasi kewirausahaan dan kinerja pemasaran berada dalam kriteria kurang baik menuju sangat baik.

“Hasil penelitian juga menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap inovasi produk dan keunggulan bersaing, serta inovasi produk dan keunggulan bersaing berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran,” jelasnya.

Menurut Siska, pentingnya sektor UMKM untuk mengaplikasi konsep orientasi pembelajaran guna meningkatkan kemampuan kewirausahaannya. Terutama pada faktor pengambilan risiko dan inovasi menjadi hal yang dapat disarankan secara praktis.

“Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat memetakan konstruk-konstruk penelitian baru yang lebih aplikatif, melibatkan konsep-konsep yang lebih komprehensif pada lokus UMKM dengan karakteristik yang berbeda,” harapnya.

IPK Siska Ernawati Fatimah sebelum sidang terbuka adalah 3.60. Berdasarkan hasil sidang tersebut, Siska Ernawati Fatimah dinyatakan lulus dengan IPK akhir 3.62 dengan yudisium sangat memuaskan.

Kesan Siska Ernawati Fatimah Selama Kuliah di Universitas Pasundan

Mahasiswa Doktor Ilmu Manajemen, Siska Ernawati Fatimah. (Foto: ran/pasjabar)

Usai sidang, Siska mengaku sangat senang sekali selama berkuliah di Unpas karena selalu diberikan kemudahan.

“Fasilitas di sini baik, dosen-dosennya juga baik. Sehingga pengalaman dan pengetahuan saya semakin bertambah. Lalu silaturahmi antar mahasiswa dan dosen terjalin sangat baik sekali,” katanya.

Setelah mendapatkan gelar Doktor, ia berharap semoga ilmu yang telah didapatkannya bisa bermanfaat untuk saya sendiri, keluarga dan masyarakat.

“Semoga Unpas juga menjadi lebih baik lagi dan Fakultas Ilmu Manajemen Unpas menjadi unggul di wilayah Jawa Barat,” harapnya. (ran)

(Foto: ran/pasjabar)
Nurrani Rusmana

Recent Posts

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

3 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

9 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

11 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

12 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

12 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

12 jam ago