HEADLINE

Hewan Peliharaan Sudah Berusia Dewasa? Rutin Periksakan Kesehatannya ke Dokter Ya

ADVERTISEMENT

JAKARTA, WWW.PASJABAR.COM – Saat hewan peliharaan atau anabul sudah memasuki usia dewasa, disarankan untuk rutin memeriksakan kesehatannya ke dokter hewan.

“Memang disarankan itu kan setahun dua kali periksakan hewan peliharaan. Kadang ada juga dokter yang bilang sehat jadi enggak apa-apa setahun sekali,” kata Dokter hewan sekaligus Corporate Affairs Manager PT Royal Canin Indonesia Novi Wulandari.

“Cuma disarankan memang buat hewan yang usianya sudah senior, baik itu anjing atau kucing, itu lebih sering (memeriksakan kesehatannya),” sambungnya.

Dilansir dari ANTARA pada Minggu (5/3/2023), anabul berusia dewasa perlu dicek fungsi organnya mengingat usianya yang sudah tua. “Terutama ginjal dan hati. Khusus untuk kucing, pawparents sebaiknya lebih rajin melakukan pemeriksaan mengingat sifat kucing yang cenderung tak menunjukkan penyakitnya.

“Kucing itu menyembunyikan ya. Kalau dia sakit itu dia tidak akan menampakkan kalau dia sakit. Makanya kucing liar atau kucing dilepas liarkan, kalau sudah lama nggak kelihatan, kemungkinan dia sudah tidak ada (meninggal). Karena kucing biasanya kalau sudah tau kapan saatnya dia pergi, dia akan mencari tempat yang nggak akan dilihat orang,” jelasnya.

Pemeriksaan anabul akan disesuaikan dengan tahapan hidupnya masing-masing yang pada umumnya akan meliputi vaksin tahun pertama, pemeriksaan anti parasit, kutu dan cacing.

Kemudian pemeriksaan fisiologis seperti telinga, mulut, hidung, mata, otot, skor tumbuh. Sementara untuk anjing ada tambahan pemeriksaan dermatologi jika dibutuhkan. (ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Outing Class: Siswa SD Priangan Istiqamah Kenali Pertanian di Seinfarm

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Sebanyak 51 siswa-siswi dari SD Priangan Istiqamah, Kelurahan Cihapit, Bandung Wetan, mengikuti…

56 menit ago

Ledakang Sampah di Cekungan Bandung, Enam Bulan Lagi Jadi Bencana

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sekda Jabar Herman Suryatman, menegaskan, saat ini terjadi ledakan sampah di Cekungan…

12 jam ago

Cawalkot Dandan Minta Pemkot Selesaikan Masalah SMPN 60 Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Calon Walikota (Cawalkot) Bandung, Dandan Riza Wardana minta Pemerintah Kota Bandung untuk…

13 jam ago

Gelar PT PAL Goes to Campus Bangkitkan Jiwa Maritim Generasi Muda

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Potensi maritim Indonesia yang sangat besar membutuhkan kontribusi ddari berbagai pihak, bukan…

13 jam ago

Foto: SMPN 60 Bandung Belum Memiliki Bangunan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Aktivitas siswa SMP Negeri atau SMPN 60 Bandung saat jam istirahat di…

13 jam ago

Pasangan Cagub, Cawagub Jabar Jeje-Ronald Minta Dukungan PB Paguyuban Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pasangan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Jawa Barat (Jabar),…

15 jam ago