PASBANDUNG

Antisipasi Flu Burung, Kebun Binatang Bandung Terapkan Sistem Bio Security

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Kasus varian influenza H5N1 atau flu burung tengah merebak di Jawa Barat. Kota Cimahi dan Kota Cirebon menjadi yang paling banyak melaporkan temuan kasus unggas mati mendadak yang diduga akibat terpapar virus flu burung.

Kebun Binatang Bandung atau zoological garden bandung turut mengantisipasi penyebaran penyakit tersebut. Pengelola menerapkan sistem bio security sebagai upaya pencegahan penyakit di lingkungan kandang ungags.

Pengelola memakai disinfektan untuk mencegah penyebaran. Cairan tersebut digunakan di setiap pintu masuk menuju kandang unggas yang biasa menjadi lokasi interaksi.

Setiap pengunjung diwajibkan membersihkan bagian telapak alas kaki, setiap kali akan memasuki pintu masuk kandang unggas.

“Hal itu untuk menjamin kesehatan unggas khususnya saat musim penghujan. Pengelola juga rutin melakukan vaksinasi hingga pemberian vitamin,” Humas Kebun Binatang Bandung, Sulhan Syafi’i.

Sementara itu, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Barat menyebut sudah ada instruksi dan perintah dari pimpinan Kementrian serta Dirjen agar seluruh kebun binatang untuk berhati hati dan meningkatkan kebersihan serta vaksinasi pada hewan ungags.

“Sejauh ini belum ada laporan unggas dari Kebun Binatang Bandung dan Jabar yang terpapar flu burung,” kata Kepala BKSDA Jabar, Irawan Asaad.

Kebun Binatang Bandung memiliki lebih dari 300 unggas berbagai jenis, baik jenis eksotik seperti burung macau maupun endemik seperti kakak tua dan merak hijau. (uby)

Uby

Recent Posts

500 Ribu Massa ARI-BP Siap Gelar Aksi Solidaritas Palestina di Depan Kedubes AS

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina (ARI-BP) akan menggelar aksi besar-besaran untuk mendukung…

53 menit ago

Harga Pangan Melambung: Cabai dan Beras Cetak Kenaikan Tertinggi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat bahwa sejumlah komoditas pangan mengalami kenaikan harga…

2 jam ago

Sikomandan Program Kab Purwakarta Dukung Kuliner Sate Maranggi

KAB PURWAKARTA, WWW.PASJABAR.COM -- Untuk mendukung ke khasan kulier Kabupaten Purwakarta Sate Maranggi itu, Pemerintah Kabupaten…

2 jam ago

Gubernur Jabar Ajak AMSI Tangkal Hoaks dan Tingkatkan Literasi Digital

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, mengajak Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI)…

3 jam ago

Konten Palestina di Media Sosial Diduga Disensor, Para Ahli Soroti Algoritma

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Platform media sosial dan digital telah menjadi alat penting bagi warga Palestina…

4 jam ago

Rossa Pukau Penggemar dengan Lagu Kartun di Synchronize Fest 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penyanyi senior Rossa kembali memukau para penggemarnya di panggung Dynamic, Synchronize Fest…

5 jam ago