PASBANDUNG

Harga Bahan Pokok di Kota Bandung Mulai Naik Jelang Ramadan

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Menjelang Ramadan, harga beberapa bahan pokok mengalami kenaikan di pasaran. Meski demikian, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung mengimbau warga agar tidak melakukan aksi panic buying dan menimbun barang secara berlebihan.

“Jika warga melakukan aksi panic buying, maka akan membuat barang langka dan harga semakin melonjak,” ujar Kepala Bidang Distribusi dan Perdagangan Pengawasan Kemetrologian Disdagin Kota Bandung, Meiwan Kartiwa kepada wartawan, dalam acara Bandung Menjawab, Selasa (14/3/2023).

Meiwan mengatakan, beberapa harga bahan pokok yang mengalami kenaikan di antaranya, cabai merah dari harga awalnya Rp60.000 per kilogram, sekarang menjadi Rp80.000-Rp85.000 per kilogram. Selain itu juga harga cabai rawit domba, yang sekarang juga menyentuh harga Rp80.000 per kilogram.

“Kenaikan harga tersebut, salah satunya akibat buruknya cuaca. Sehingga mempengaruhi hasil panen,” tuturnya.

Selain itu, harga bawang merah yang mengalami kenaikan, dari harga sebelumnya Rp30.000 per kilogram, sekarang menyentuh Rp40.000 per kiogram

Sementara untuk harga beras medium dan premium, sempat mengalami kenaikan sejak beberapa bulan yang lalu. Namun sampai sekarang belum ada kenaikan lagi. Sedangkan untuk harga minyak goreng, harga masih relatif sama.

“Untuk minyak goreng MinyaKita, stok sekarang sudah aman,” tegasnya.

Antisipasi Harga Tak Naik Saat Bulan Ramadan

Untuk mengantispasi agar tidak ada kenaikan harga yang signifikan di pasaran, Meiwan mengatakan, pihaknya melakukan monitoring harga secara rutin. Selain itu juga menggelar operasi pasar dan pasar murah di beberapa kecamatan di Kota Bandung.

“Sementara ini, yang sudah kita gelar adalah operasi pasar untuk beras dari Bulog dan yang tengah kita gelar adalah operasi pasar di 15 kecamatan, menjelang bulan Ramadan,” tuturnya.

Namun, lanjut Meiwan, pasar murah ini digelar bukan untuk mengintervensi harga di pasar tradisional. Melainkan hanya membantu warga masyarakat untuk mendapatkan beberapa komoditi yang mejadi favorit. Namun harganya tengah melambung.

“Kalau untuk mengintervensi harga masih kami bisa mengelar operasi pasar dan menyetok barang langsung di pasar tradisional. Namun kalau sekarang kan hanya membantu warga saja,” tuturnya.

Meiwan berharap, saat memasuki bulan Ramadan, tidak akan ada lagi kenaikan harga yang signifikan. Karenanya, selain dari dinas sendiri melakukan upaya pengendalian harga, di sisi lain, warga juga diimbau untuk tidak melakukan aksi panic buying.

Disinggung kemungkinan menggelar pasar murah di tingkat kelurahan, Meiwan mengatakan untuk tahun ini hal tersebut sulit untuk dilakukan. Lantaran jumlah kelurahan di Kota Bandung yang cukup banyak. Sehingga membutuhkan stok bahan pangan yang sangat banyak.

“Yang bisa dilakukan sekarang adalah berkoordinasi dengan kecamatan, agar pasar murah bisa digelar di tempat-tempat yang dekat dengan warga,” pungkasnya. (put)

Putri

Recent Posts

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

4 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

6 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

6 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

7 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

7 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

8 jam ago